Pengembangan bahan ajar Pendidikan Agama Islam berbasis SMS (spiritual, moral, dan sains) untuk meningkatkan efektifitas pembelajaran di tingkat SMA

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Ernawati, Lulluk (2022) Pengembangan bahan ajar Pendidikan Agama Islam berbasis SMS (spiritual, moral, dan sains) untuk meningkatkan efektifitas pembelajaran di tingkat SMA. PhD thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Luluk Ernawati_F13116065 OK.pdf

Download (11MB)
[img] Text
Luluk Ernawati_F13116065 Full.pdf
Restricted to Repository staff only until 20 October 2028.

Download (11MB)

Abstract

Pembelajaran Pendidikan Agama Islam masih perlu mendapatkan perhatian. Salah satunya bahan ajar yang perlu dikembangkan agar memiliki relevansi dengan kehidupan sehari-hari, sehingga tidak terkesan bersifat dogma belaka. Hal ini yang melatarbelakangi penulis meneliti dan mengembangkan bahan ajar Pendidikan Agama Islam berbasis SMS (Spiritual, Moral, dan Sains) untuk meningktkan efektifitas pembelajaran di tingkat SMA. Penelitian ini untuk menjawab rumusan masalah: bagaimana pengembangan bahan ajar Pendididikan Agama Islam berbasis SMS (Spiritual, Moral dan Sains) untuk meningkatkan efektifitas pembelajaran di tingkat SMA, sejauhmana implementasi pengembangan bahan ajar Pendididikan Agama Islam berbasis SMS (Spiritual, Moral dan Sains), dan bagaimana efektifitas bahan ajar Pendididikan Agama Islam berbasis SMS (Spiritual, Moral dan Sains). Penelitian ini menggunakan prosedur pengembangan Borg and Gall yang terdiri dari 10 langkah dengan subyek penelitian guru dan peserta didik yang berada di empat sekolah di kecamatan Gresik. Adapun data dikumpulkan melalui wawancara, angket, observasi, tes, dan dokumentasi. Data kualitatif dianalisis secara diskripsi kualitatif, sedangkan data kuantitatif menggunakan analisis statistik kuantitatif. Hasil dari penelitian ini adalah berupa modul pengembangan bahan ajar Pendidikan Agama Islam berbasis SMS (Spiritual, Moral, dan Sains) pada materi Kontrol Diri, Prasangka Baik, dan Persaudaraan. Bahan ajar ini dinilai lebih efektif sebesar 15% dalam proses pembelajaran dan diperkuat hasil uji t dengan independent sample t tes menunjukkan bahwa data sig. (2-tailed) sebesar,000 ˂ 0.05, maka terdapat perbedaan antara nilai kelas kontrol dan kelas eksperimen.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (PhD)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Ernawati, Lulluklukfath270@gmail.comF13116065
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorSalamah Zainiyati, Husniyatushusniyatus@yahoo.com2021036901
Thesis advisorKholis, Nurnurkholis08@gmail.com2011036701
Subjects: Pendidikan Islam
Keywords: Bahan Ajar; Pengembangan Bahan Ajar; Pendidikan Agama Islam; SMS; Spiritual; Moral; Sains.
Divisions: Program Doktor > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Luluk Ernawati
Date Deposited: 20 Oct 2025 02:44
Last Modified: 20 Oct 2025 02:44
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/84849

Actions (login required)

View Item View Item