This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya
Nabila, Sheila (2025) Pengembangan media pembelajaran Quizpas berbantuan Baamboozle untuk meningkatkan kemampuan pemahaman konsep pada mata pelajaran IPAS kelas V MI Al-Ikhlas Wonokromo Surabaya. Masters thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.
|
Text
Sheila Nabila_02041023016.pdf Download (5MB) |
|
|
Text
Sheila Nabila_02041023016_Full.pdf Restricted to Repository staff only until 14 November 2028. Download (5MB) |
Abstract
Pemahaman konsep merupakan aspek penting dalam pembelajaran IPAS, terutama bagi siswa sekolah dasar yang masih dalam tahap berpikir konkret. Namun, kenyataan di lapangan menunjukkan bahwa banyak siswa mengalami kesulitan dalam memahami materi IPAS akibat metode pembelajaran yang masih didominasi ceramah dan penggunaan media yang kurang interaktif. Oleh karena itu, penelitian ini mengembangkan media pembelajaran Quizpas berbantuan Baamboozle untuk meningkatkan pemahaman konsep siswa. Tujuan penelitian ini yaitu untuk mengetahui analisis, desain, pengembangan, implementasi dan evaluasi dari pengembangan media pembelajaran Quizpas Baamboozle dalam meningkatkan pemahaman konsep siswa pada mata pelajaran IPAS. Penelitian ini menggunakan metode penelitian dan pengembangan (R&D) dengan model ADDIE yang terdiri dari lima tahapan yaitu Analysis, Design, Development, Implementation, dan Evaluation. Subjek penelitian adalah siswa kelas V MI Al-Ikhlas Wonokromo Surabaya. Teknik pengumpulan data meliputi observasi, wawancara, angket, dan tes. Kelayakan media yang dikembangkan dapat dilihat dari aspek kevalidan, kepraktisan, dan keefektifan. Hasil yang diperoleh dari penelitian ini adalah : 1) Pengembangan media pembelajaran Quizpas berbantuan Baamboozle dilakukan melalui beberapa tahapan sesuia dengan tahapan ADDIE (Analysis, Design, Development, Implementation dan Evaluation). Pada tahap analisis menunjukkan bahwa metode pembelajaran masih didominasi ceramah tanpa pengunaan media, sehingga siswa kesulitan memahami konsep IPAS, khususnya materi "Cahaya dan Sifatnya". Tahap desain meliputi penyusunan struktur media, seperti soal-jawaban, poin, tata letak, animasi, dan efek suara yang disesuaikan dengan kurikulum dan kebutuhan siswa. Hasil pengembangan berupa enam slide interaktif yang mencakup tampilan kuis hingga penentuan pemenang. Implementasi media ini terbukti meningkatkan keaktifan, motivasi, dan pemahaman konsep siswa secara signifikan dibandingkan metode konvensional. 2) penilaian kevalidan media dari ahli media dan ahli materi menunjukan nilai rata-rata 89,37%, dengan kategori sangat valid. Kepraktisan berdasarkan respon peserta didik dan guru memperoleh nilai rata-rata 95,28% dengan kategori sanagt praktis. Hasil uji Independent Sample T-Test menunjukkan adanya perbedaan yang signifikan anatara kelas kontrol dan kelas eksperimen dengan nilai sig. 0,000 (<0,05).
Statistic
Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.
| Item Type: | Thesis (Masters) | ||||||||||||
|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
| Creators: |
|
||||||||||||
| Contributors: |
|
||||||||||||
| Subjects: | Metode Pembelajaran > Metode Pembelajaran Minat Siswa Pendidikan |
||||||||||||
| Keywords: | Media pembelajaran; baamboozle; pemahaman konsep | ||||||||||||
| Divisions: | Program Magister > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah | ||||||||||||
| Depositing User: | Sheila Nabila | ||||||||||||
| Date Deposited: | 14 Nov 2025 03:44 | ||||||||||||
| Last Modified: | 14 Nov 2025 03:44 | ||||||||||||
| URI: | http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/85092 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |
