Pengembangan desain pembelajaran metode syair dalam menghafal awal ayat al-qur’ān di MTS Hidayatul Muta’allimin Wonoayu Sidoarjo

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Ikwandi, Muhamad Ripin (2024) Pengembangan desain pembelajaran metode syair dalam menghafal awal ayat al-qur’ān di MTS Hidayatul Muta’allimin Wonoayu Sidoarjo. PhD thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Muhamad Ripim Ikwandi_01040421010 OK.pdf

Download (2MB)
[img] Text
Muhamad Ripim Ikwandi_01040421010 Full.pdf
Restricted to Repository staff only until 13 December 2028.

Download (2MB)

Abstract

Seiring dengan pesatnya perkembangan tradisi menghafal al_Quran di sekolah, berbagai upaya dilakukan untuk mengembangkan kemampuan peserta didik. Sebagai sekolah yang memiliki program menghafal al-Qur'an unggulan, MTs Hidayatul Muta'allimin Wonoayu Sidoarjo mengupayakan pengembangan pembelajaran yang inovatif. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan desain pembelajaran al-Qur’ān yang dapat meningkatkan kemampuan peserta didik dalam menghafal awal ayat al-Qur’ān, serta mengevaluasi efektivitas hafalan peserta didik setelah menggunakan metode syair. Penelitian ini menggunakan metode Research and Development (R&D) dengan model Borg & Gall. Subjek penelitian meliputi Kepala Madrasah, Kepala Tahfīzh, Guru Tahfīzh, dan peserta didik di MTs Hidayatul Muta’allimin Wonoayu Sidoarjo. Data dikumpulkan melalui observasi, dokumentasi, wawancara, angket, dan tes. Analisis data dilakukan secara kuantitatif dan kualitatif, dengan menggunakan teknik reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan.Hasil penelitian menunjukkan bahwa desain pembelajaran metode syair efektif dalam membantu peserta didik menghafal awal ayat al-Qur’ān. Desain ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan menghafal peserta didik, sehingga mereka dapat dengan mudah mengingat dan melanjutkan ayat dengan tepat. Metode syair terbukti lebih efektif dibandingkan metode sebelumnya, dengan peningkatan hasil pretest dan posttest sebesar 13%. Metode ini sangat membantu dalam mengingat awal ayat al-Qur’ān dan direkomendasikan untuk dijadikan standar dalam pembelajaran hafalan al-Qur’ān.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (PhD)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Ikwandi, Muhamad Ripinarifinikhwandi@gmail.com01040421010
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorAssegaf, abd Rahmanarifinikhwandi@gmail.com2012036402
Subjects: Agama dan Ilmu Pengetahuan
Keywords: Metode Syair; Pembelajaran; Menghafal Awal Ayat Al-Qur’ān
Divisions: Program Doktor > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Muhammad Ripim Ikhwandi
Date Deposited: 13 Dec 2025 04:07
Last Modified: 13 Dec 2025 04:07
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/85159

Actions (login required)

View Item View Item