This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya
Febriyanti, Aulia Nur (2024) Analisis efektivitas strategi pemasaran Sukuk di BSI KC Surabaya Darmo. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.
|
Text
Aulia Nur Febriyanti_08020421049 OK.pdf Download (2MB) |
|
|
Text
Aulia Nur Febriyanti_08020421049 Full.pdf Restricted to Repository staff only until 24 November 2028. Download (2MB) |
Abstract
Sukuk (Surat Berharga Syariah Negara) merupakan salah satu instrumen investasi berbasis prinsip syariah yang berperan penting dalam membiayai proyek pembangunan nasional sekaligus menawarkan alternatif investasi bagi masyarakat. Oleh karena itu, strategi pemasaran yang efektif sangat dibutuhkan untuk meningkatkan pemahaman dan partisipasi masyarakat. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis implementasi strategi pemasaran sukuk di BSI KC Surabaya Darmo dan menguji efektivitas strategi tersebut dalam meningkatkan minat investor. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian deskriptif. Data dikumpulkan melalui wawancara mendalam dengan pihak manajemen BSI dan investor, observasi, serta dokumentasi, dengan teknik penentuan informan menggunakan purposive sampling. Hasil penelitian menunjukkan bahwa BSI KC Surabaya Darmo mengimplementasikan strategi pemasaran yang berfokus pada pemasaran digital (melalui media sosial dan aplikasi BSI Mobile) dan pemasaran langsung (melalui edukasi, konsultasi personal, dan seminar). Secara umum, strategi yang diterapkan dinilai cukup efektif dalam meningkatkan kesadaran masyarakat dan menarik partisipasi investor. Namun, efektivitas tersebut terhambat oleh beberapa kendala, yaitu: rendahnya literasi keuangan syariah di masyarakat, kurangnya transparansi informasi penggunaan dana sukuk, dan persaingan ketat dengan instrumen investasi konvensional. Penelitian ini memberikan rekomendasi strategis kepada BSI KC Surabaya Darmo agar meningkatkan transparansi informasi penggunaan dana sukuk untuk membangun kepercayaan investor. Selain itu, BSI disarankan untuk lebih mengoptimalkan saluran pemasaran digital dengan konten edukasi yang lebih interaktif dan melibatkan influencer keuangan syariah guna memperluas jangkauan dan memperkuat daya tarik sukuk di kalangan generasi muda.
Statistic
Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.
| Item Type: | Thesis (Undergraduate) | ||||||||
|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
| Creators: |
|
||||||||
| Contributors: |
|
||||||||
| Subjects: | Ekonomi Islam Investasi Keuangan Islam |
||||||||
| Keywords: | Efektivitas; Strategi pemasaran; Sukuk | ||||||||
| Divisions: | Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Ekonomi Syariah | ||||||||
| Depositing User: | Aulia Nur Febriyanti | ||||||||
| Date Deposited: | 24 Nov 2025 04:07 | ||||||||
| Last Modified: | 24 Nov 2025 04:07 | ||||||||
| URI: | http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/85189 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |
