Efektivitas model pembelajaran sets (science, environment, technology, society) untuk meningkatkan kemampuan berpikir analitis peserta didik kelas VII SMP pada materi gerak lurus

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Falah, Gusti Afrizal Zamzami (2025) Efektivitas model pembelajaran sets (science, environment, technology, society) untuk meningkatkan kemampuan berpikir analitis peserta didik kelas VII SMP pada materi gerak lurus. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Gusti Afrizal Zamzami Falah_06041021046 OK.pdf

Download (3MB)
[img] Text
Gusti Afrizal Zamzami Falah_06041021046 Full.pdf
Restricted to Repository staff only until 24 December 2028.

Download (3MB)

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya kemampuan berpikir analitis peserta didik pada pembelajaran IPA, khususnya materi gerak lurus karena dipengaruhi oleh proses pembelajaran yang kurang mengaitkan konsep sains dengan konteks lingkungan, teknologi, dan sosial peserta didik. Oleh karena itu, penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas model pembelajaran SETS (Science, Environment, Technology, Society) untuk meningkatkan kemampuan berpikir analitis peserta didik kelas VII SMP pada materi gerak lurus. Penelitian ini merupakan penelitian kuasi eksperimen dengan desain nonequivalent control group design. Sampel penelitian terdiri dari kelas eksperimen yang mendapat penerapan model SETS dan kelas kontrol yang mendapatkan penerapan model SGD (Small Group Discussion). Teknik pengumpulan data meliputi tes (pretest dan posttest), observasi keterlaksanaan pembelajaran, dan angket respon peserta didik. Analisis data menggunakan uji independent t-test dan uji N-Gain. Hasil penelitian menunjukkan bahwa rata-rata nilai posttest kemampuan berpikir analitis peserta didik kelas eksperimen sebesar 53,96 lebih tinggi dibandingkan kelas kontrol sebesar 26,22, dengan nilai signifikansi 0,000 < 0,05. Hasil uji N-Gain kelas eksperimen sebesar 0,4288 (kategori sedang), sedangkan kelas kontrol sebesar 0,1082 (kategori rendah). Aktivitas guru dalam mengelola pembelajaran dan aktivitas peserta didik dalam penerapan model SETS mendapat skor sama sebesar 93,75 dengan kategori sangat baik. Selain itu, hasil angket respon peserta didik terhadap penerapan model SETS memperoleh rata-rata persentase sebesar 82,6% dengan kategori baik. Berdasarkan hasil tersebut dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran SETS efektif dalam meningkatkan kemampuan berpikir analitis peserta didik pada materi gerak lurus.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Falah, Gusti Afrizal Zamzamigus.zamz542@gmail.com06041021046
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorUmmah, Khoirotulkhoirotul.ummah@uinsa.ac.id2030059104
Thesis advisorHidayati L, Srisri_hidayati@uinsby.ac.id0925018203
Subjects: Metode Pembelajaran
Pendidikan
Pendidikan > Pembelajaran
Keywords: Model SETS; Kemampuan Berpikir Analitis
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan IPA
Depositing User: Gusti Afrizal Zamzami Falah
Date Deposited: 24 Dec 2025 03:27
Last Modified: 24 Dec 2025 03:27
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/85486

Actions (login required)

View Item View Item