Efektivitas Pembelajaran Berbasis Masalah dalam meningkatkan kemampuan analisis siswa di Kelas VII-B Madrasah Tsanawiyah Negeri Purwoasri Kediri

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Arifin, Mohammad Saiful (2010) Efektivitas Pembelajaran Berbasis Masalah dalam meningkatkan kemampuan analisis siswa di Kelas VII-B Madrasah Tsanawiyah Negeri Purwoasri Kediri. Undergraduate thesis, IAIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Cover.pdf

Download (552kB)
[img]
Preview
Text
abstrak.pdf

Download (18kB) | Preview
[img]
Preview
Text
daftar isi.pdf

Download (24kB) | Preview
[img]
Preview
Text
bab 1.pdf

Download (58kB) | Preview
[img]
Preview
Text
bab 2.pdf

Download (146kB) | Preview
[img]
Preview
Text
bab 3.pdf

Download (99kB) | Preview
[img]
Preview
Text
bab 4.pdf

Download (115kB) | Preview
[img]
Preview
Text
bab 5.pdf

Download (36kB) | Preview
[img]
Preview
Text
bab 6.pdf

Download (24kB) | Preview
[img]
Preview
Text
daftar pustaka.pdf

Download (31kB) | Preview

Abstract

Tujuan pendidikan matematika disekolah adalah untuk membekali siswa dengan kemampuan berpikir logis, analitis, sistematis, kritis dan kreatif. Kemampuan-kemampuan tersebut dapat dibentuk melalui proses pembelajaran atau dampak langsung dari materi matematika itu sendiri. Berdasarkan hal tersebut, kemampuan analisis merupakan salah satu kemampuan berpikir yang harus dilatihkan dan ditingkatkan dalam kegiatan pembelajaran matematika disekolah. Salah satu upaya yang dapat dilakukan untuk melatihkan dan meningkatkan kemampuan analisis adalah dengan pemilihan strategi pembelajaran yang berdasar pada psikologi kognitif siswa. Ada beberapa strategi pembelajaran yang berdasar pada psikologi kognitif siswa, salah satunya adalah pembelajaran berbasis masalah. Dari pemaparan diatas timbul pertanyaan, apakah pembelajaran berbasis masalah dapat meningkatkan kemampuan analisis siswa apabila diterapkan dalam kegiatan pembelajaran matematika disekolah? Untuk menjawab pertanyaan tersebut, diadakanlah penelitian tentang efektivitas pembelajaran berbasis masalah dalam meningkatkan kemampuan analisis siswa pada pelajaran matematika. Penelitian ini dilaksanakan di kelas VII-B Madrasah Tsanawiyah Negeri Purwoasri Kediri selama sepuluh jam pelajaran. Materi yang dipilih adalah pecahan bentuk aljabar dan penggunaan aljabar untuk menyelesaikan masalah. Penelitian yang dilakukan menggunakan pendekatan kualitatif dan kuantitatif. Metode pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode observasi dan metode test. Metode observasi digunakan untuk mengetahui aktivitas guru, aktivitas siswa, dan keterlaksanaan sintaks pembelajaran. Metode tes digunakan untuk mengukur kemampuan analisis siswa. Metode tes yang digunakan berupa pre-test dan post-test. Pre-test digunakan untuk mengukur kemampuan analisis siswa sebelum diberi perlakuan dan post-test dilakukan untuk mengukur kemampuan analisis siswa setalah diberi perlakuan. Perlakuan yang diberikan berupa pembelajaran matematika dengan menggunakan pendekatan pembelajaran berbasis masalah. Untuk menganalisis data berupa nilai pre-test dan post-test, digunakan uji statistik Data Berpasangan. Setelah diuji dengan menggunakan uji statistik Data Berpasangan, diketahui bahwa nilai pretest berbeda dengan nilai post-test. Rata-rata nilai post-test lebih baik dari nilai pre-test. Berdasarkan hal tersebut, dapat diambil kesimpulan bahwa kemampuan analisis siswa mengalami peningkatan setelah diterapkannya pembelajaran berbasis masalah dalam kegiatan
pembelajaran matematika disekolah. Hal itu berarti, pembelajaran berbasis masalah efektif dalam meningkatkan keamampuan analisis siswa.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Arifin, Mohammad Saiful--UNSPECIFIED
Subjects: Pendidikan > Pembelajaran
Pendidikan > Metode
Keywords: Pembelajaran Berbasis Masalah; Kemampuan Analisis Siswa
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Matematika
Depositing User: Editor: Library Administrator----- Information-----http://library.uinsby.ac.id
Date Deposited: 28 Aug 2010
Last Modified: 30 Oct 2018 04:12
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/8742

Actions (login required)

View Item View Item