Pengaruh Nahdlatul Ulama' terhadap pendidikan Islam non formal di masyarakat Gedangan

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Dharmawan, Fajar Arif (2011) Pengaruh Nahdlatul Ulama' terhadap pendidikan Islam non formal di masyarakat Gedangan. Undergraduate thesis, IAIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Cover.pdf

Download (527kB)
[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (10kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (13kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (131kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (225kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf

Download (107kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB IV.pdf

Download (245kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB V.pdf

Download (10kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (11kB) | Preview

Abstract

Penelitian yang bejudul Pengaruh Nahdlatul Ulama' terhadap Pendidikan Islam Non Formal di Masyarakat Gedangan ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana keberdaan Majlis wakil Cabang NU di Kecamatan gedangan terhadap eksistensi pendidikan formal, Bagaimana eksitensi pendidikan Islam Non Formal masyarakat Gedangan Kabupaten Sidoarjo, Adakah pengaruh Majlis wakil Cabang Nahdlatul Ulama' terhadap eksitensi pendidikan Islam Non Formal di Kec. Gedangan Kab. Sidoarjo, serta Sejauh mana pengaruh Nahdlatul Ulama' terhadap eksitensi pendidikan Islam Non formal di Kec. Gedangan Kab. Sidoarjo. Jenis penelitian ini menggunakan penelitian korelasional kuantitatif. Sehingga merupakan penelitian yang menjelaskan tentang penelitian korelasi. Penelitian korelasi tidak menjawab sebab akibat tetapi hanya menjelaskan ada tidaknya hubungan antara variable yang diteliti dengan maksud peneliti bertujuan untuk mencari hubungan dari dua variable yang keduanya saling terikat dalam suatu permasalahan. Adapun yang menjadi populasi dalam penelitian ini adalah seluruh masyarakat organisasi Nahdlatul Ulama' (NU) yang mengikuti pendidikan islam non formal di gedangan. Ditemukan jumlah populasi yaitu 697 (enam ratus sembilan tujuh) orang. Yang terdiri dari lembaga kursus baca kitab, Majlis Taklim dan pendidikan guru pengajar Al-Qur'an (PGPQ). Sehingga sampel yang diambil adalah 70 orang karena diambil 10 % dari seluruh populasi.
Setelah penelitian ini dilakukan maka dapat disimpulkan bahwa : 1). Pengaruh Keberadaan Nahdlatul Ulama' terhadap eksistensi Pendidikan Islam Non Formal di Gedangan Sidoarjo adalah Cukup baik, yang mana penulis peroleh dari hasil jawaban angket dengan prosentase 71,2%. 2). Ke Eksistensian Pendidikan Islam Non formal di Gedangan adalah baik, yang mana penulis peroleh dari hasil jawaban angket dengan prosentase 89.1%. 3) Dari hasil analisa diketahu Hasil perhitungan nilai rxy = 0,722, kemudian pada tabel r product moment, diperoleh nilai pada taraf 5% = 0,284 dan taraf 1% = 0,368. Dengan demikian nilai rxy lebih besar dibandingkan dengan nilai taraf 5% maupun 1%. Maka Ho ditolak dan Ha diterima, yakni ada hubungan antara Keberadaan Nahdlatul ulama’ terhadap Eksistensi pendidikan Islam non formal di Gedangan. 4). Besarnya Pengaruh Keberadaan Nahdlatul Ulama' terhadap eksistensi Pendidikan Islam Non Formal di Gedangan Sidoarjo dapat diketahui setelah dikonsultasikan dengan r product moment antara 0,7 - 0,9 sehingga sejauh ini hubungan Pengaruh Keberadaan Nahdlatul Ulama' terhadap eksistensi Pendidikan Islam Non Formal di Gedangan Sidoarjo terdapat Implikasi yang sangat kuat atau tinggi.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Dharmawan, Fajar Arif--UNSPECIFIED
Subjects: Pendidikan > Pendidikan Islam
Keywords: NU di gedangan; Eksistensi Pendidikan Islam Non formal
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Editor: Library Administrator----- Information-----http://library.uinsby.ac.id
Date Deposited: 16 Nov 2011
Last Modified: 27 Sep 2018 08:33
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/8810

Actions (login required)

View Item View Item