Dinamika Pendidikan Agama Islam anak TKI: study kasus tentang dinamika Pendidikan Agama Islam anak TKI di Desa Baron Kecamatan Dukun Kabupaten Gresik

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Niswatin, Niswatin (2011) Dinamika Pendidikan Agama Islam anak TKI: study kasus tentang dinamika Pendidikan Agama Islam anak TKI di Desa Baron Kecamatan Dukun Kabupaten Gresik. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Niswatin_D01207099.pdf

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh banyaknya orang tua yang meninggalkan anaknya bekerja ke luar negeri sebagai TKI, sementara pendidikan agama Islam khususnya akhlak dari orang tua sehari-hari justru kurang mendapat perhatian. Orang tua TKI cenderung mempercayakan terhadap pihak sekolah dan menitipkan anaknya kepada keluarga yang lain seperti nenek dan bibi. Anak membutuhkan kasih sayang dan perhatian dari keluarganya (orang tuanya). Ditinggalkan oleh ayah dan ibu seringkali membawa dampak buruk pada anak. Anak yang seharusnya mendapat kasih sayang dan pendidikan harus mengalami masa yang kritis untuk berpisah dengan ayah dan ibunya sehingga pendidikan agama Islam anak khususnya akhlak menjadi terabaikan. Anak yang kurang mendapat kasih sayang dan perhatian dari orang tuanya seringkali berprilaku negatif dan cenderung menyimpang. Pendidikan yang semestinya ia dapatkan menjadi hilang. Itulah potret dari anak yang ditinggal keluarganya bekerja sebagai TKI di luar negeri. Untuk itu, perumusan masalah yang diangkat dalam penelitian ini adalah: 1) Bagaimana peran orang tua yang bekerja sebagai TKI terhadap pendidikan agama Islam anak-anak TKI 2) Bagaimana dampak orang tua sebagai TKI terhadap pendidikan agama Islam anak-anak TKI. 3) Bagaimanakah dinamika pendidikan agama Islam anak TKI di desa Baron kecamatan Dukun kabupaten Gresik. Penelitian ini dilakukan di desa Baron kecamatan Dukun kabupaten Gresik. Penelitian ini merupakan jenis penelitian kualitatif dengan menggunakan pendekatan study kasus. Dalam penelitian ini yang menjadi subyek penelitian adalah anak/ remaja dari orang tua yang bekerja sebagai TKI (keluarga TKI). Teknik dalam pengumpulan data pada penelitian ini penulis menggunakan metode wawancara, observasi dan dokumentasi serta menggunakan teknik analisa deduksi, induksi, interpretasi dan komparasi. Berdasarkan analisis hasil dalam penelitian menunjukkan bahwa anak yang ditinggal orang tuanya bekerja sebagai TKI mengalami perubahan pendidikan khususnya pendidikan agama Islam. Hal ini disebabkan karena kurangnya perhatian dan kasih sayang dari orang tuanya sehingga menyebabkan anak cenderung berperilaku negatif dan bahkan menyimpang dari ajaran agama yang mana hal tersebut berpengaruh terhadap prilaku sehari-hari, baik dalam masalah keimanan, ibadah dan tingkah laku. Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa terdapat dinamika pendidikan agama Islam khususnya pendidikan akhlak pada anak TKI di desa Baron kecamatan Dukun kabupaten Gresik

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Niswatin, NiswatinUNSPECIFIEDUNSPECIFIED
Subjects: Pendidikan Islam
Pendidikan > Anak
Pendidikan > Pendidikan Anak
Keywords: TKI; Dinamika Pendidikan Agama Islam
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Editor: Library Administrator----- Information-----http://library.uinsby.ac.id
Date Deposited: 22 Nov 2011
Last Modified: 29 Apr 2019 07:07
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/8925

Actions (login required)

View Item View Item