Nilai - nilai pluralisme dalam Sejarah Kebudayaan Islam (SKI) : studi analisis materi ajar kelas XII Madrasah Aliyah

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Iza, Luluk Lailatul (2011) Nilai - nilai pluralisme dalam Sejarah Kebudayaan Islam (SKI) : studi analisis materi ajar kelas XII Madrasah Aliyah. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Luluk Lailatul Iza_D31207034.pdf

Download (1MB)

Abstract

Hai manusia, Sesungguhnya kami ciptakan kamu dari seorang laki-laki dan seorang perempuan dan menjadikan kamu berbangsa-bangsa dan bersuku-suku supaya kamu saling kenal mengenal. Sesungguhnya orang yang paling mulia diantara kamu di sisi Allah yang paling bertaqwa. Sesungguhnya Allah maha mengetahui dan maha mengenal.dalam konteks hidup bermasyarakat, pluralisme sering jadi persoalan sosial yang dapat mengganggu integritas masyarakat, pandangan negatif yang dimunculkan dari pluralisme karena adanya imlikasi-implikasi sosial yang sering ditimbulkan sebelumnya, karena implikasi tersebut tentu saja sangat kontras dengan nilai dasar dan etis dari tiap agama. Masalah toleransi dan kerukunan hidup antar umat beragama di Indonesia sudah sejak awal mendapat perhatian yang serius dari pemerintah. Pemerintah menyadari bahwa mantabnya toleransi dan kerukunan hidup antar umat beragama adalah faktor yang sangat penting dalam membina dan mengembangkan kerukunan nasional.
Penelitian ini untuk mengetahui bagaimana dan ada tidaknya nilai-nilai pluralisme dalam sejarah kebudayaan Islam studi analisis materi ajar Kelas XII madrasah aliyah, oleh karena itu penelitian ini menggunakan metode kualitatif atau pustaka (library research) karena penelitian ini mengkaji sumberdata yang terdiri literatur-literatur yang berkaitan dengan judul.
Adapun hasil dari analisa mengenai nilai-nilai pluralisme yang terkandung dalam materi ajar Sejarah kebudayaan Islam Kelas XII yaitu dalam materi tersebut ada beberapa materi yang sudah sesuai dengan pluralisme dimana dalam materi tersebut sangat toleran terhadap multikulturalisme yang disertai dengan pluralisme beragama, sehingga tercapainya kerukunan dan saling menghormati. dan adapula yang tidak menggambarkan adanya pluralisme beragama, karena dalam materi tersebut banyak diketahui adanya pihak-pihak yang ingin merusak hubungan baik antar agama dan juga saling memperebutkan kekuasaan dengan menggunakan nama agama, dan tidak disertai dengan toleransi sehinnga terjadinya permusuhan antar Agama.
Hal ini menunjukkan bahwa ada nilai-nilai pluralisme dalam Sejarah Kebudayaan Islam materi ajar Kelas XII, meskipun disisi lain ada yang tidak menunjukkan Nilai-nilai Pluralisme

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Iza, Luluk LailatulUNSPECIFIEDUNSPECIFIED
Subjects: Pendidikan > Pluralisme
Keywords: Pluralisme; Sejarah Kebudayaan Islam
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Editor: Library Administrator----- Information-----http://library.uinsby.ac.id
Date Deposited: 07 Dec 2011
Last Modified: 11 Apr 2019 02:28
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/9082

Actions (login required)

View Item View Item