This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya
Fauzi, Choirul (2011) Dinamika Lembaga Pendidikan Islam non formal: studi kasus Jam'iyah Majelis Taklim di Kelurahan Tlogopatut Kabupaten Gresik. Undergraduate thesis, IAIN Sunan Ampel Surabaya.
Text
Cover.pdf Download (627kB) |
||
|
Text
abstrak.pdf Download (13kB) | Preview |
|
|
Text
daf.isi.pdf Download (14kB) | Preview |
|
|
Text
bab1.pdf Download (103kB) | Preview |
|
|
Text
bab2.pdf Download (96kB) | Preview |
|
|
Text
bab3.pdf Download (30kB) | Preview |
|
|
Text
bab4.pdf Download (149kB) | Preview |
|
|
Text
bab5.pdf Download (47kB) | Preview |
|
Text
Daftar Pustaka.pdf Download (107kB) |
Abstract
Perkembangan pendidikan Islam di Indonesia ditandai oleh munculnya lembaga pendidikan secara bertahap, mulai dari yang amat sederhana, sampai dengan tahap-tahap yang sudah terhitung modern dan lengkap. Lembaga pendidikan Islam telah memainkan fungsi dan perannya sesuai dengan tuntutan masyarakat dan zamannya. Pertumbuhan lembaga-lembaga pendidikan tersebut selain untuk memperkaya khazanah ilmu pengetahuan yang bernuansa keislaman, juga sebagai bahan rujukan dan perbandingan bagi para pengelola pendidikan Islam pada masa-masa berikutnya. Hal ini sejalan dengan prinsip yang umumnya dianut masyarakat Islam Indonesia, yaitu mempertahankan tradisi masa lampau yang masih baik dan mengambil tradisi baru yang lebih baik lagi. Pendidikan belangsung selama hidup maka tujuan akhirnya terdapat ketika hidup di dunia ini telah berakhir. Tujuan umum yang berbentuk Insan Kamil dengan pola Takwa dapat mengalami perubahan naik turun. Lingkungan dan pengalaman dapat mempengaruhinya, karena itulah Pendidikan Islam berlaku selama hidup untuk menumbuhkan, memupuk, mengembangkan, memelihara dan mempertahankan tujuan pendidikan yang telah dicapai. Orang yang sudah bertakwa dalam bentuk Insan Kamil, masih perlu mendapatkan pendidikan dalam rangka pengembangan dan penyempurnaan, sekurang-kurangnya pemeliharaan supaya tidak luntur dan berkurang. Dalam hal ini juga merupakan suatu upaya untuk mempertahankan Lembaga Pendidikan Islam yang memperkuat fungsi-fungsi kritis dan berorientasi ke masa depan melalui analisis yang berkelanjutan tentang kecenderungan-kecenderungan perubahan dan perkembangan sosial, ekonomi, budaya dan politik. Dan harus tetap diimbangi dengan berpegang teguh atas nilai-nilai dasar Keislaman dalam rangka membangun kapasitas sumber daya manusia yang Agamis dan Islami. Wujud Peranan Lembaga Pendidikan Islam yang bersifat non formal dewasa ini cukup dominan dalam rangka reaktualisasi pendidikan Islam, maka sistem pendidikan Islam harus dilakukan sebuah reformasi dan inovasi agar dapat disesuaikan dengan dinamika masyarakat dan dapat memenuhi tuntutan dan kebutuhan masyarakat di era Globalsasi seperti sekarang ini. Kelurahan Tlogopatut merupakan salah satu Kelurahan yang bertempat di Kabupaten Gresik dan teletak di jantung kota Gresik, dan merupakan wilayah yang cukup strategis untuk mengkonstruksi sebuah Lembaga Pendidikan Islam non formal, dikarenakan wilayah ini mayoritas masyarakatnya adalah netralis dan nasionalis namun tetap mempertahankan nilai-nilai agama.
Statistic
Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) | ||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|
Creators: |
|
||||||
Subjects: | Pendidikan > Metode | ||||||
Keywords: | Pendidikan Islam Non Formal; Majelis Taklim | ||||||
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam | ||||||
Depositing User: | Editor: Library Administrator----- Information-----http://library.uinsby.ac.id | ||||||
Date Deposited: | 07 Dec 2011 | ||||||
Last Modified: | 22 May 2018 07:30 | ||||||
URI: | http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/9084 |
Actions (login required)
View Item |