Peningkatan Keterampilan Berbicara Siswa Materi Hiwar Pelajaran Bahasa Arab Dengan Metode Langsung Di Kelas V Sd Bahrul Ulum Putat Jaya Sawahan Surabaya

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Ilmah, Khoirotul (2011) Peningkatan Keterampilan Berbicara Siswa Materi Hiwar Pelajaran Bahasa Arab Dengan Metode Langsung Di Kelas V Sd Bahrul Ulum Putat Jaya Sawahan Surabaya. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Khoirotul Ilmah_D06207011.pdf

Download (564kB)

Abstract

Latar belakang masalah ini adalah rendahnya keterampilan berbicara (maharatul kalam) Bahasa Arab kelas V semester genap SD Bahrul Ulum Putat Jaya, Sawahan, Surabaya yang disebabkan oleh rendahnya kualitas pembelajaran yang dilakukan oleh guru, orang yang secara lansung terlibat dalam pembelajaran. Guru hanya menggunakan metode ceramah, terjemah, dan hafalan bukan dengan praktek langsung menggunakan media sehingga menimbulkan kebosanan pada siswa. Bahwasannya media pembelajaran mempunyai peranan yang sangat penting dalam proses belajar mengajar, karena disamping dapat menarik perhatian siswa, juga dapat menyampaikan pesan yang ingin disampaikan pada mata pelajaran. Metode pembelajaran bahasa arab sangat tepat menggunakan metode langsung (al-thariqah al-mubasyirah) untuk meningkatkan keterampilan berbicara Bahasa Arab di SD Bahrul Ulum Putat Jaya Sawahan Surabaya. Penelitian ini merupakan PTK (penelitian tindakan kelas) yang bertujuan untuk mendeskripsikan penerapan metode langsung (al-thariqah al-mubasyirah) dalam pembelajaran bahasa arab dan meningkatkan keterampilan berbicara (maharatul kalam) kelas V setelah menggunakan metode langsung (al-thariqah al-mubasyirah). Penelitian bersifat kualitatif deskriptif, pengambilan data dilakukan dengan mengadakan tes sebelum diterapkan metode langsung dan tes setelah diterapkan metode langsung, pengamatan (observasi), wawancara dan dokumentasi untuk melengkapi data yang ingin diungkap. Analisis data dilakukan dengan pengamatan terhadap proses pembelajaran menggunakan metode langsung sebagai upaya meningkatkan keterampilan berbicara (maharatul kalam) melalui tindakan yang dilakukan. Adapun urutan kegiatan penelitian yaitu: (1) perencanaan, (2) penerapan (3) pengamatan dan (4) refleksi. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan keterampilan siswa, aktivitas siswa dalam kegiatan belajar mengajar (KBM) mengalami peningkatan pada observasi siklus I 61,71% menjadi 82, 14% pada siklus II, dengan demikian aspek tersebut mengalami peningkatan sebesar 20,43%. Selain itu dapat dibuktikan melalui hasil tes lisan (sebelum menggunakan metode langsung dan setelah menggunakan metode langsung). Pada waktu sebelum menggunakan metode langsung memiliki rata- rata 44,16, pada waktu siklus I memiliki rata-rata 59,26 dan siklus II memiliki rata-rata 79. Persentase kelulusan siswa mengalami peningkatan, sebelum menggunakan metode langsung 26,19%, pada siklus I 52,38% dan siklus II meningkat menjadi 83,33%.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Ilmah, KhoirotulUNSPECIFIEDD06207011
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorMukaffa, Zumrotulzumrotul_mukafah@yahoo.com197010151997032001
Subjects: Pendidikan > Metode
Keywords: Keterampilan Berbicara; Hiwar;Bahasa Arab; Metode Langsung
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Editor: Library Administrator----- Information-----http://library.uinsby.ac.id
Date Deposited: 13 Dec 2011
Last Modified: 20 Aug 2019 04:01
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/9219

Actions (login required)

View Item View Item