Peningkatan hasil belajar materi Tajwid Mata Pelajaran Al Quran Hadits melalui metode Drill siswa Kelas IV MIBU Becirongengor Sidoarjo

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Tawakal, Akhmad Rijal (2011) Peningkatan hasil belajar materi Tajwid Mata Pelajaran Al Quran Hadits melalui metode Drill siswa Kelas IV MIBU Becirongengor Sidoarjo. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Akhmad Rijal Tawakal D06207012 ok.pdf

Download (2MB)

Abstract

Sekolahan MIBU Becirongengor adalah lembaga pendidikan formal yang terletak di Desa Becirongengor RT 01/RW 03 Kecamatan Wonoayu Kabupaten Sidoarjo. Guru di MIBU Becirongengor berjumlah empat belas orang, 8 guru kelas dan 6 guru bidang studi. Pada lembaga pendidikan tersebut, masih banyak guru yang sudah menguasai materi pelajaran dengan baik, tetapi tidak dapat melaksanakan pembelajaran dengan baik, hal ini terjadi karena pembelajaran tersebut tidak didasarkan pada metode pembelajaran tertentu sehingga mengakibatkan rendahnya hasil belajar siswa. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar siswa kelas IV MIBU Becirongengor, serta memberikan kesadaran kepada guru agar memperhatikan cara menyampaikan materi dengan baik dan benar. Metode drill adalah sebuah cara untuk memperbaiki pembelajaran yang kurang efektif, dengan cara guru memberikan latihan membaca secara berulang-ulang materi yang dipelajari siswa. Dengan demikian siswa akan lebih aktif belajar, tidak ramai, sehingga hasil belajar mereka dapat meningkat secara bertahap. Penelitian ini dilakukan 2 siklus, setiap siklus ada 2 kali pertemuan. Penggunaan metode drill dalam penelitian ini cocok digunakan pada mata pelajaran Al-Qur’an Hadits materi ilmu tajwid, karena dilihat dari prosentase persiklus, hasil belajar siswa meningkat secara bertahap dari sebelum dilakukan penelitian yang berhasil 41,38%, setelah dilakukan penelitian siklus I tingkat keberhasilanya meningkat 75,86%, dilanjutkan ke siklus II hasilnya lebih meningkat yaitu 93,10% yang berhasil mencapai ketuntasan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa proses pembelajaran berjalan dengan efektif. Terbukti penelitian dengan menggunakan metode drill yang diterapkan pada mata pelajaran Al-Qur’an Hadits dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas IV MIBU Becirongengor, sesuai dengan jawaban perumusan masalahnya yaitu, apakah penggunaan metode drill dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas IV MIBU Becirongengor?. Penggunaan metode drill dalam pembelajaran ini dilakukan dengan cara melatih siswa membaca secara berulang-ulang materi yang dipelajarinya kemudian dilakukan sebuah tes utuk mengukur hasil belajar, sehingga dari itu semua peneliti dapat memperoleh kumpulan data observasi dan penilaian yang dibuat untuk melengkapi penelitian ini.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Tawakal, Akhmad RijalUNSPECIFIEDD06207012
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorNadlir, Nadlirnadlir@uinsby.ac.id2022076802
Subjects: Peradilan Agama Islam
Pendidikan > Metode
Keywords: Hasil belajar; Al Quran Hadits; metode Drill
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Editor: Library Administrator----- Information-----http://library.uinsby.ac.id
Date Deposited: 13 Dec 2011
Last Modified: 18 Jul 2023 07:07
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/9220

Actions (login required)

View Item View Item