Peningkatan kreativitas menulis puisi melalui teknik Probing Prompting siswa Kelas IIIB MINU Waru I Kureksari Sidoarjo

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Qolbiyah, Ainia Nadlifatul (2011) Peningkatan kreativitas menulis puisi melalui teknik Probing Prompting siswa Kelas IIIB MINU Waru I Kureksari Sidoarjo. Undergraduate thesis, IAIN Sunan Ampel Surabaya.

[img]
Preview
Text
cover.pdf

Download (103kB) | Preview
[img]
Preview
Text
abstrak.pdf

Download (129kB) | Preview
[img]
Preview
Text
daf.isi.pdf

Download (70kB) | Preview
[img]
Preview
Text
bab1.pdf

Download (103kB) | Preview
[img]
Preview
Text
bab2.pdf

Download (66kB) | Preview
[img]
Preview
Text
bab3.pdf

Download (113kB) | Preview
[img]
Preview
Text
bab4.pdf

Download (125kB) | Preview
[img]
Preview
Text
bab5.pdf

Download (10kB) | Preview
[img]
Preview
Text
daf.pustaka.pdf

Download (12kB) | Preview

Abstract

Latar belakang penelitian ini adalah siswa kurang memiliki kreativitas dalam menulis puisi yang disebabkan karena kurang penguasaan kosa kata, keberanian rendah, dan budaya belajar yang masih senang menerima sehingga hasil belajar siswa sangat rendah. Dari 27 siswa, hanya 12 siswa (44,44%) yang berhasil mencapai KKM 75 sedangkan 15 siswa (55,56%) masih belum tuntas. Untuk meningkatkan kreativitas siswa tersebut, peneliti mengambil tindakan pembelajaran melalui pendekatan kontekstual dengan teknik probing prompting yang dilakukan dengan tiga siklus. Adapun rumusan masalah dalam penelitian ini adalah sebagai berikut: (1) Bagaimana penerapan teknik probing prompting dalam meningkatkan kreativitas menulis puisi siswa kelas IIIB MINU WARU 1 kureksari Sidoarjo? (2) Bagaimana tingkat kreativitas menulis puisi siswa kelas IIIB MINU WARU 1 Kureksari Sidoarjo setelah menggunakan teknik probing prompting? Untuk memperoleh hasil penelitian tersebut, peneliti melakukan penelitian tindakan kelas dengan pendekatan kualitatif. Model PTK yang digunakan yaitu model Kemmis dan Taggart. Dimana dalam satu siklus terdiri dari empat komponen, meliputi: Perencanaan, tindakan, observasi, dan refleksi. Adapun teknik pengumpulan data yang digunakan adalah wawancara, observasi, dokumentasi, dan tes. Data kualitatif di analisis secara deskriptif dan data kuantitatif dianalisis dengan menggunakan rumus nilai rata-rata dan persentase ketuntasan belajar. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1. penerapan pembelajaran kreatif menulis puisi dengan teknik probing prompting berjalan dengan baik melalui perbaikan-perbaikan pada tiap siklus. Dalam PBM aktivitas guru meningkat dari skor perolehan 70,46% pada siklus I, menjadi 81,82% pada siklus II dan 90,91% pada siklus III. Aktivitas siswa meningkat dari skor perolehan 73,15% pada siklus I, menjadi 77,47% pada siklus II dan 82,10% pada siklus III. 2. Tingkat kreativitas menulis puisi siswa pun meningkat dari rata-rata nilai perolehan siswa dari 73,67 pada siklus I yang secara klasikal belum tuntas atau belum memenuhi KKM 75, menjadi 79,56 pada siklus II dan 84,26 pada siklus III yang secara klasikal kedua siklus ini sudah tuntas. Begitu pula dengan ketuntasan belajar yang meningkat dari 66,67% pada siklus I dengan kategori cukup, menjadi 81,48% pada siklus II dengan kategori tinggi dan 92,60% pada siklus III dengan kategori sangat tinggi.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Qolbiyah, Ainia Nadlifatul--D06207015
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorAlfin, JauharotiUNSPECIFIEDUNSPECIFIED
Subjects: Pendidikan > Metode
Puisi
Keywords: Kreativitas siswa; menulis puisi; teknik probing prompting
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Editor: Library Administrator----- Information-----http://library.uinsby.ac.id
Date Deposited: 13 Dec 2011
Last Modified: 09 Oct 2024 02:56
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/9222

Actions (login required)

View Item View Item