Tathbiq thariqah takhmin al alfadh komunikata fi ta'lim al lughah al arabiyah li tarqiyah maharah al istima' li tulab al fashl al 'asyir bi al madrasah al tsanawiyah bahauddin taman sidoarjo

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Mas'udah, Mas'udah (2011) Tathbiq thariqah takhmin al alfadh komunikata fi ta'lim al lughah al arabiyah li tarqiyah maharah al istima' li tulab al fashl al 'asyir bi al madrasah al tsanawiyah bahauddin taman sidoarjo. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Mas’udah_D0227068 ok.pdf

Download (2MB)

Abstract

Salah metode yang digunakan dalam pembelajaran adalah metode komunikata. Metode ini digunakan untuk membantu peserta didik untuk lebih mudah memperbanyak pembendaharaan kosakata. Dengan diterapkan strategi tersebut, diharapkan pembelajaran dapat berlangsung dengan menyenangkan dan siswa mampu memahami materi pelajaran yang telah diajarkan karena dalam penggunaan metode tersebut, siswa juga ikut berperan aktif dalam pembelajaran Bahasa Arab. Atas dorongan inilah, penulis terdorong untuk mengadakan penelitian di MA Bahauddin Taman Sidoarjo. Untuk mengetahui beberapa permasalahan yang terdapat dalam penelitian tersebut maka dirumuskan beberapa masalah antara lain: 1) bagaimana ketrampilan menyimak dalam pembelajaran bahasa Arab siswa kelas X MA Bahauddin Taman Sidoarjo. 2) Bagaiman penerapan metode komunikata dalam pembelajaran bahasa arab untuk meningkatkan ketrampilan menyimak. 3) Apa saja problem dalam penerapan metode komunikata pada pembelajaran bahasa Arab dan solusinya. Metode yang digunakan untuk pengumpulan data adalah ; Observasi, Interview dan tes dengan mengambil 27 siswa kelas X sebagai samplenya. Untuk menyimpulkan hasil yang dikehendaki maka digunakan rumus prosentase uji t. Berdasarkan penelitian dapat disimpulkan bahwa penerapan di MA Bahauddin Taman Sidoarjo termasuk baik. Hal ini dapat dilihat dari hasil wawancara dengan guru dan tes. Demikian juga dari hasil tes menunjukkan bahwa keterampilan menyimak bahasa arab siswa termasuk baik. Terbukti dari peningkatan hasil nilai yang diperoleh siswa dalam tes dan analisa statistik didapat bahwa antara kedua variable tersebut terdapat hubungan atau pengaruh dengan menunjukkan indeks korelasi -6,16.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Mas'udah, Mas'udahUNSPECIFIEDD0227068
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorNu'man, Nu'manUNSPECIFIED2022026901
Subjects: Bahasa Arab
Pendidikan > Metode
Keywords: Bahasa Arab; metode; sistem
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Bahasa Arab
Depositing User: Editor: Library Administrator----- Information-----http://library.uinsby.ac.id
Date Deposited: 20 Dec 2011
Last Modified: 01 Dec 2023 07:55
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/9448

Actions (login required)

View Item View Item