Implementasi Pendidikan Karakter Melalui Pembelajaran Diskusi dan Controlling pada Pelajaran Sejarah Kebudayaan Islam di SMA Integral Luqman Al Hakim Surabaya

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Rahmadiansyah, Khusnul Subekti (2016) Implementasi Pendidikan Karakter Melalui Pembelajaran Diskusi dan Controlling pada Pelajaran Sejarah Kebudayaan Islam di SMA Integral Luqman Al Hakim Surabaya. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img]
Preview
Text
Cover.pdf

Download (896kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Abstrak.pdf

Download (192kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Daftar Isi.pdf

Download (184kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 1.pdf

Download (249kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 2.pdf

Download (368kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 3.pdf

Download (227kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 4.pdf

Download (352kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 5.pdf

Download (187kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Daftar Pustaka.pdf

Download (185kB) | Preview

Abstract

Pendidikan karakter adalah upaya sadar dan sungguh-sungguh dari seorang guru untuk mengajarkan nilai-nilai kepada siswanya (Winton, 2010). Pendidikan karakter telah menjadi sebuah pergerakan pendidikan yang mendukung pengembangan sosial, pengembangan emosional, dan pengembangan etik para siswa. Merupakan suatu upaya proaktif yang dilakukan baik oleh sekolah maupun pemerintah untuk membantu siswa mengembangkan inti pokok dari nilai-nilai etik dan nilai-nilai kinerja, seperti kepedulian, kejujuran, kerajinan, fairness, keuletan dan ketabahan, tanggung jawab dan menghargai diri sendiri dan orang lain. Metode diskusi ialah proses tukar pendapat antara guru dengan murid atau murid dengan murid yang bertemu saat proses KBM (Kegiatan Belajar Mengajar) untuk mencari sebuah solusi dari masalah yang muncul dari tema pelajaran yang telah dibahas.
Metode Controlling adalah proses evaluasi yang dilakukan guru di luar kelas untuk mengamati sikap murid sehari-hari dengan diiringi contoh yang baik dari seorang guru dalam kehidupan sehari-hari. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah: 1) Bagaimana implementasi metode diskusi dan controlling di SMA Integral Luqman al-Hakim? 2) Bagaimana pendidikan karakter yang dikembangkan di SMA Integral Luqman al-Hakim? 3)Bagaimana implementasi pendidikan karakter melalui pembelajaran diskusi dan controlling pada pelajaran sejarah kebudayaan islam di SMA Integral Luqman al-Hakim?. Tujuan penelitian ini yaitu untuk mengetahui: 1) implementasi metode diskusi dan controlling di SMA Integral Luqman al-Hakim 2) pendidikan karakter yang dikembangkan di SMA Integral Luqman al-Hakim 3) implementasi pendidikan karakter melalui pembelajaran diskusi dan controlling pada pelajaran sejarah kebudayaan islam di SMA Integral Luqman al-Hakim. Hasil dari penelitian yang telah dilakukan adalah sebagai berikut: Implementasi metode diskusi dan controlling; Guru menyediakan materi tematik, atau masalah yang akan didiskusikan, kemudian guru membagi siswa menjadi beberapa kelompok kecil lalu guru menjelaskan secara jelas dan singkat kepada para siswa, Guru menugaskan siswa untuk menjelaskan, menganalisis, dan meringkas masalah yang didiskusikan, Guru menginstruksikan pada setiap kelompok untuk menunjuk siapa yang menjadi moderator dan notulen, Guru membimbing diskusi, tidak memberi ceramah, Sabar terhadap kelompok yang lamban dalam mendiskusikannya, Waspada terhadap kelompok yang tampak kebingungan atau berjalan dengan tidak menentu, Guru mengawasi serta menilai berjalannya diskusi masing-masing kelompok, Guru menginstruksikan masing-masing kelompok menyampaikan hasil dari diskusi, Guru menyimpulkan hasil diskusi dan mengajak siswa menerapkan dalam kehidupan sehari-hari. Selanjutnya evaluasi dengan metode controlling; Guru menyiapkan diri sebagai contoh bagi siswa dalam kehidupan sehari-hari, Guru menyiapkan rubrik penilaian khusus sebagai acuan penilaian sikap siswa di luar kelas, Guru mata pelajaran berkoordinasi dengan seluruh pengajar yang ada untuk membimbing sikap siswa di luar kelas, Menggunakan kamera sebagai media controlling, Menegur siswa apabila terlihat sedang melakukan kesalahan, Memberi sanksi pada siswa bila diperlukan, Memberikan contoh (solusi) pada siswa cara yang benar dalam bertindak. Pendidikan karakter yang dikembangkan di SMA Integeral Luqman al-Hakim Surabaya lebih pada religiusitas, etika dan leadership. Dengan pengembangan pendidikan yang mengarah pada kuatnya religiusitas diharapkan para santri mampu mengaktualisasikan segala bentuk peribadatan kepada Allah dengan baik dan benar sesuai tuntunan Rasulullah SAW. Kemudian pengembangan aspek etika (akhlak) diharapkan para santri mampu menempatkan diri pada tempatnya. Bagaimana seharusnya ia sebagai murid, bagaimana ia seharusnya sebagai masyarakat, bagaimana ia sebagai bagian dari ummat. Kemudian pengembangan aspek leadership, diharapkan para santri mampu menjadi pemimpin yang jujur, adil, cerdas, bijaksana, dan berintegritas tinggi. Semua yang dipelajari dalam SKI dan proses pembelajarannya mendidik karakter religiusitas, etika dan leadership siswa yang sesuai dengan tuntunan Rasulullah SAW. Materi yang terdapat pada pelajaran SKI mengajarkan nilai-nilai religius pada siswa. Seperti ketika guru menerangkan peristiwa perang uhud, kekalahan kaum muslim disebabkan ketidak patuhan para sahabat pada perintah Rasulullah SAW. Jadi pelajaran yang dapat diambil, sebagai pribadi muslim yang baik hendaknya mematuhi perintah Allah dan RasulNya. Implementasi pendidikan karakter dalam hal etika terlaksana dalam proses pembelajaran diskusi. Dalam diskusi siswa dilatih menyampaikan pendapatnya dengan baik dan sopan, menghargai pendapat orang lain dan tidak menjelekkan pendapat orang lain yang tidak sependapat dengannya. Implementasi pendidikan karakter dalam hal leadership terlaksana ketika siswa diajak menentukan pimpinan diskusi. Siswa diajarkan bagaimana menjadi pemimpin yang jujur, adil, cerdas, bijaksana, dan berintegritas tinggi dalam memimpin diskusi. Sedangkan dalam proses metode controlling siswa diajarkan memimpin dirinya sendiri seperti bagaimana dia melaksanakan kewajibannya sebagai siswa muslim yang menjalankan ibadah tepat waktu dan disiplin, bergaul dan menyelesaikan masalah dengan orang-orang disekelilingnya, dan mampu mengajak orang lain mengerjakan kegiatan-kegiatan yang bermanfaat.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Rahmadiansyah, Khusnul Subektiiansyah55@gmail.comD01212023
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorFuad, Ah. Zakkizakkif@gmail.com2027047401
Subjects: Metode Pembelajaran > Metode Pembelajaran
Keywords: Pendidikan Karakter; Pembelajaran Diskusi; Controlling
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Rahmadiansyah Khusnul Subekti
Date Deposited: 19 Aug 2016 07:55
Last Modified: 26 Feb 2020 02:41
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/9575

Actions (login required)

View Item View Item