This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya
Firdaus, Zahrotul (2013) IDENTIFIKASI KEMAMPUAN PENALARAN SPASIAL DAN KUANTITATIF SISWA SDI MIFTAHUL ULUM SURABAYA PADA TAHAP OPERASI KONKRET PIAGET. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.
|
Text
cover.pdf Download (223kB) | Preview |
|
|
Text
abstrak.pdf Download (65kB) | Preview |
|
|
Text
daf.isi.pdf Download (76kB) | Preview |
|
|
Text
bab1.pdf Download (153kB) | Preview |
|
|
Text
bab2.pdf Download (172kB) | Preview |
|
|
Text
bab3.pdf Download (159kB) | Preview |
|
|
Text
bab4.pdf Download (2MB) | Preview |
|
|
Text
bab5.pdf Download (81kB) | Preview |
|
|
Text
bab6.pdf Download (71kB) | Preview |
|
|
Text
daf.pustaka.pdf Download (102kB) | Preview |
Abstract
Matematika merupakan mata pelajaran yang objeknya abstrak. Guru cenderung mengajarkan konsep abstrak tersebut kepada anak-anak tanpa memperhatikan kemampuan kognitif anak dalam memvisualkan konsep tersebut. Sehingga anak-anak menjadi kesulitan dalam memahami konsep yang telah diberikan oleh guru. Kemampuan kognitif anak yang terkait dengan kemampuan matematika antara lain kemampuan penalaran spasial dan kemampuan penalaran kuantitatif. Kemampuan penalaran spasial merupakan konsep abstrak yang meliputi persepsi spasial yang melibatkan hubungan spasial termasuk orientasi sampai pada kemampuan yang rumit yang melibatkan manipulasi serta rotasi mental. Sedangkan kemampuan penalaran kuantitatif adalah kemampuan dalam penerapan konsep-konsep matematika dan ketrampilan untuk memecahkan masalah dunia nyata. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana kemampuan penalaran spasial dan kuantitatif siswa SD menurut teori operasi konkret Piaget.
Jenis penelitian ini adalah deskriptif kualitatif. Penelitian ini dilakukan di kelas III (mewakili awal tahap operasi konkret usia 7-8 tahun) dan VI (mewakili akhir tahap operasi konkret usia 10-11 tahun) SDI Miftahul Ulum Surabaya pada tanggal 13 dan 14 Juli 2012. Subjek penelitian adalah 4 siswa pada tahap awal operasi konkret piaget dan 3 siswa pada tahap akhir operasi konkret Piaget. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah dokumentasi, metode tes dan metode wawancara. Data yang sudah diperoleh dianalisis dengan dikelompokkan terlebih dahulu sesuai dengan tingkatan kemampuan penalaran spasial dan kuatitatif menurut Tian & Huang.
Statistic
Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) | ||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|
Additional Information: | Maunah Setyawati | ||||||
Creators: |
|
||||||
Subjects: | Pendidikan > Metode | ||||||
Keywords: | Kemampuan Penalaran Spasial; Kemampuan Penalaran Kuantitatif; Tahap Operasi Konkret Piaget | ||||||
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Matematika | ||||||
Depositing User: | Editor: Library Administrator----- Information-----http://library.uinsby.ac.id | ||||||
Date Deposited: | 06 Dec 2013 | ||||||
Last Modified: | 10 Apr 2015 07:12 | ||||||
URI: | http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/10486 |
Actions (login required)
View Item |