IDENTIFIKASI KEMAMPUAN PENALARAN SPASIAL DAN KUANTITATIF SISWA SDI MIFTAHUL ULUM SURABAYA PADA TAHAP OPERASI KONKRET PIAGET

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Firdaus, Zahrotul (2013) IDENTIFIKASI KEMAMPUAN PENALARAN SPASIAL DAN KUANTITATIF SISWA SDI MIFTAHUL ULUM SURABAYA PADA TAHAP OPERASI KONKRET PIAGET. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img]
Preview
Text
cover.pdf

Download (223kB) | Preview
[img]
Preview
Text
abstrak.pdf

Download (65kB) | Preview
[img]
Preview
Text
daf.isi.pdf

Download (76kB) | Preview
[img]
Preview
Text
bab1.pdf

Download (153kB) | Preview
[img]
Preview
Text
bab2.pdf

Download (172kB) | Preview
[img]
Preview
Text
bab3.pdf

Download (159kB) | Preview
[img]
Preview
Text
bab4.pdf

Download (2MB) | Preview
[img]
Preview
Text
bab5.pdf

Download (81kB) | Preview
[img]
Preview
Text
bab6.pdf

Download (71kB) | Preview
[img]
Preview
Text
daf.pustaka.pdf

Download (102kB) | Preview

Abstract

Matematika merupakan mata pelajaran yang objeknya abstrak. Guru cenderung mengajarkan konsep abstrak tersebut kepada anak-anak tanpa memperhatikan kemampuan kognitif anak dalam memvisualkan konsep tersebut. Sehingga anak-anak menjadi kesulitan dalam memahami konsep yang telah diberikan oleh guru. Kemampuan kognitif anak yang terkait dengan kemampuan matematika antara lain kemampuan penalaran spasial dan kemampuan penalaran kuantitatif. Kemampuan penalaran spasial merupakan konsep abstrak yang meliputi persepsi spasial yang melibatkan hubungan spasial termasuk orientasi sampai pada kemampuan yang rumit yang melibatkan manipulasi serta rotasi mental. Sedangkan kemampuan penalaran kuantitatif adalah kemampuan dalam penerapan konsep-konsep matematika dan ketrampilan untuk memecahkan masalah dunia nyata. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana kemampuan penalaran spasial dan kuantitatif siswa SD menurut teori operasi konkret Piaget.
Jenis penelitian ini adalah deskriptif kualitatif. Penelitian ini dilakukan di kelas III (mewakili awal tahap operasi konkret usia 7-8 tahun) dan VI (mewakili akhir tahap operasi konkret usia 10-11 tahun) SDI Miftahul Ulum Surabaya pada tanggal 13 dan 14 Juli 2012. Subjek penelitian adalah 4 siswa pada tahap awal operasi konkret piaget dan 3 siswa pada tahap akhir operasi konkret Piaget. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah dokumentasi, metode tes dan metode wawancara. Data yang sudah diperoleh dianalisis dengan dikelompokkan terlebih dahulu sesuai dengan tingkatan kemampuan penalaran spasial dan kuatitatif menurut Tian & Huang.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Additional Information: Maunah Setyawati
Creators:
CreatorsEmailNIM
Firdaus, ZahrotulUNSPECIFIEDUNSPECIFIED
Subjects: Pendidikan > Metode
Keywords: Kemampuan Penalaran Spasial; Kemampuan Penalaran Kuantitatif; Tahap Operasi Konkret Piaget
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Matematika
Depositing User: Editor: Library Administrator----- Information-----http://library.uinsby.ac.id
Date Deposited: 06 Dec 2013
Last Modified: 10 Apr 2015 07:12
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/10486

Actions (login required)

View Item View Item