This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya
hotimah, Khusnul (2013) PENINGKATAN HASIL BELAJAR MATA PELAJARAN IPA DENGAN MENGGUNAKAN MODEL JIGSAW PADA SISWA KELAS IV DI SDN UJUNG VII NOMER 32 SEMAMPIR SURABAYA. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.
|
Text
Cover.pdf Download (23kB) | Preview |
|
|
Text
Abstrak.pdf Download (9kB) | Preview |
|
|
Text
Daftar Isi.pdf Download (11kB) | Preview |
|
|
Text
Bab1.pdf Download (22kB) | Preview |
|
|
Text
Bab2.pdf Download (70kB) | Preview |
|
|
Text
Bab3.pdf Download (111kB) | Preview |
|
|
Text
Bab4.pdf Download (294kB) | Preview |
|
|
Text
Bab5.pdf Download (61kB) | Preview |
|
|
Text
Daftar Pustaka.pdf Download (11kB) | Preview |
Abstract
Pembelajaran IPA pada materi energi panas yang dilaksanakan di SDN Ujung Semampir Surabaya belumlah optimal karena guru selalu menggunakan metode pembelajaran yang klasikal yakni metode ceramah, karena guru sendiri bingung menentukan model pembelajaran yang cocok dalam mata pelajaran IPA. Disamping itu, siswa juga sulit menerima pelajaran dengan metode pembelajaran ceramah, karena siswa cenderung pasif, suasana kelas tidak kondusif dan membosankan. Karena siswa hanya mendengar dan mencatat penjelasan dari guru. Dari semua permasalahan itu menimbulkan rendahnya hasil belajar siswa. Menanggapi hal tersebut, maka dengan dilaksanakan model pembelajaran Jigsaw melalui penelitian tindakan kelas diharapkan dapat meningkatkan hasil belajar siswa mata pelajaran IPA materi energi panas pada siswa kelas IV SDN Ujung Semampir Surabaya.
Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah 1) Bagaimana penerapan model pembelajaran Jigsaw di SDN Ujung VII Semampir Surabaya? 2) Apakah dengan menggunakan Model Pembelajaran Jigsaw dapat meningkatkan hasil belajar IPA pada siswa kelas IV di SDN Ujung VII/32 Semampir Surabaya?
Subjek penelitian ini adalah siswa kelas IV SDN Ujung VII/32 Surabaya dengan jumlah siswa 27 siswa pada mata pelajaran IPA pokok bahasan energi panas yang dilaksanakan pada semester 2 tahun pelajaran 2012/2013 tanggal 8 dan 15 Mei 2013 dengan model pembelajaran jigsaw. Penelitian ini dilaksanakan 2 siklus yang terdiri 4 tahap yaitu 1) Perencanaan, 2) Pelaksanaan, 3) Observasi, dan 4) Refleksi. Adapun teknik pengumpulan data yang digunakan adalah dengan metode observasi, wawancara, tes, dan dokumentasi. Analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis data secara kualitatif dan kuantitatif. Data yang dianalisis dengan kualitatif yaitu data hasil pengamatan lembar observasi kegiatan guru dan siswa saat KBM, dan penerapan model pembelajaran Jigsaw. Sedangkan data kuantitatif untuk menganalisis data hasil belajar siswa yang diperoleh dari test hasil belajar tiap ahir siklus.
Statistic
Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) | ||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|
Additional Information: | Munawir | ||||||
Creators: |
|
||||||
Subjects: | Pendidikan > Metode | ||||||
Keywords: | IPA, Model jigsaw, hasil belajar | ||||||
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah | ||||||
Depositing User: | Editor: Library Administrator----- Information-----http://library.uinsby.ac.id | ||||||
Date Deposited: | 19 Nov 2013 | ||||||
Last Modified: | 16 Apr 2015 02:15 | ||||||
URI: | http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/10641 |
Actions (login required)
View Item |