PENINGKATAN HASIL BELAJAR MATA PELAJARAN IPA DENGAN MENGGUNAKAN MODEL JIGSAW PADA SISWA KELAS IV DI SDN UJUNG VII NOMER 32 SEMAMPIR SURABAYA

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

hotimah, Khusnul (2013) PENINGKATAN HASIL BELAJAR MATA PELAJARAN IPA DENGAN MENGGUNAKAN MODEL JIGSAW PADA SISWA KELAS IV DI SDN UJUNG VII NOMER 32 SEMAMPIR SURABAYA. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img]
Preview
Text
Cover.pdf

Download (23kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Abstrak.pdf

Download (9kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Daftar Isi.pdf

Download (11kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab1.pdf

Download (22kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab2.pdf

Download (70kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab3.pdf

Download (111kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab4.pdf

Download (294kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab5.pdf

Download (61kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Daftar Pustaka.pdf

Download (11kB) | Preview

Abstract

Pembelajaran IPA pada materi energi panas yang dilaksanakan di SDN Ujung Semampir Surabaya belumlah optimal karena guru selalu menggunakan metode pembelajaran yang klasikal yakni metode ceramah, karena guru sendiri bingung menentukan model pembelajaran yang cocok dalam mata pelajaran IPA. Disamping itu, siswa juga sulit menerima pelajaran dengan metode pembelajaran ceramah, karena siswa cenderung pasif, suasana kelas tidak kondusif dan membosankan. Karena siswa hanya mendengar dan mencatat penjelasan dari guru. Dari semua permasalahan itu menimbulkan rendahnya hasil belajar siswa. Menanggapi hal tersebut, maka dengan dilaksanakan model pembelajaran Jigsaw melalui penelitian tindakan kelas diharapkan dapat meningkatkan hasil belajar siswa mata pelajaran IPA materi energi panas pada siswa kelas IV SDN Ujung Semampir Surabaya.
Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah 1) Bagaimana penerapan model pembelajaran Jigsaw di SDN Ujung VII Semampir Surabaya? 2) Apakah dengan menggunakan Model Pembelajaran Jigsaw dapat meningkatkan hasil belajar IPA pada siswa kelas IV di SDN Ujung VII/32 Semampir Surabaya?
Subjek penelitian ini adalah siswa kelas IV SDN Ujung VII/32 Surabaya dengan jumlah siswa 27 siswa pada mata pelajaran IPA pokok bahasan energi panas yang dilaksanakan pada semester 2 tahun pelajaran 2012/2013 tanggal 8 dan 15 Mei 2013 dengan model pembelajaran jigsaw. Penelitian ini dilaksanakan 2 siklus yang terdiri 4 tahap yaitu 1) Perencanaan, 2) Pelaksanaan, 3) Observasi, dan 4) Refleksi. Adapun teknik pengumpulan data yang digunakan adalah dengan metode observasi, wawancara, tes, dan dokumentasi. Analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis data secara kualitatif dan kuantitatif. Data yang dianalisis dengan kualitatif yaitu data hasil pengamatan lembar observasi kegiatan guru dan siswa saat KBM, dan penerapan model pembelajaran Jigsaw. Sedangkan data kuantitatif untuk menganalisis data hasil belajar siswa yang diperoleh dari test hasil belajar tiap ahir siklus.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Additional Information: Munawir
Creators:
CreatorsEmailNIM
hotimah, KhusnulUNSPECIFIEDUNSPECIFIED
Subjects: Pendidikan > Metode
Keywords: IPA, Model jigsaw, hasil belajar
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Editor: Library Administrator----- Information-----http://library.uinsby.ac.id
Date Deposited: 19 Nov 2013
Last Modified: 16 Apr 2015 02:15
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/10641

Actions (login required)

View Item View Item