PENINGKATAN HASIL BELAJAR SISWA PADA OPERASI HITUNG PECAHAN MELALUI PEMBELAJARAN CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING (CTL) KELAS VA MADRASAH IBTIDA'IYAH ISLAMIYAH KEDUNGMEGARIH KEMBANGBAHU LAMONGAN

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Masudi, MOH. HAFIDZ HASAN AL (2013) PENINGKATAN HASIL BELAJAR SISWA PADA OPERASI HITUNG PECAHAN MELALUI PEMBELAJARAN CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING (CTL) KELAS VA MADRASAH IBTIDA'IYAH ISLAMIYAH KEDUNGMEGARIH KEMBANGBAHU LAMONGAN. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img]
Preview
Text
cover.pdf

Download (86kB) | Preview
[img]
Preview
Text
abstrak.pdf

Download (89kB) | Preview
[img]
Preview
Text
daftar isi.pdf

Download (75kB) | Preview
[img]
Preview
Text
babi.pdf

Download (89kB) | Preview
[img]
Preview
Text
babii.pdf

Download (141kB) | Preview
[img]
Preview
Text
babiii.pdf

Download (184kB) | Preview
[img]
Preview
Text
babiv.pdf

Download (207kB) | Preview
[img]
Preview
Text
babv.pdf

Download (32kB) | Preview
[img]
Preview
Text
daftar pustaka.pdf

Download (15kB) | Preview

Abstract

Pendekatan CTL adalah, yang mana siswa dituntut untuk menemukan pemecahan masalah dari pengetahuan yang mereka miliki, dan hal itu dilakukan sebagai upaya untuk mengaktifkan siswa ketika proses belajar mengajar berlangsung. Penulis menggunakan pendekatan CTL dalam penelitian ini karena materi-materi matematika membahas tentang hubungan manusia dengan alam dan segala keanekaragamannya sangat dekat dengan kehidupan sehari-hari., sehingga pendekatan CTL ini dirasa dapat membantu proses pembelajaran menjadi lebih efektif.
Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan dalam dua siklus. Tujuan penelitian ini adalah: 1) bagaimana penerapan pembelajaran Contextual Teaching and Learning (CTL), 2) Bagaimana Hasil Belajar Siswa pada operasi Hitung pecahan mata pelajaran matematika kelas VA MI Islamiyah Kedungmegarih Kembangbahu Lamongan dengan menggunakan pembelajaran Contextual Teaching and Learning (CTL), 3) Apakah pembelajaran Contextual Teaching and Learning dapat meningkatkan hasil belajar siswa.
Data yang diperoleh dalam penelitian ini meliputi: hasil belajar siswa yang diambil dari pemberian soal tes pada akhir siklus, proses dalam pembelajaran dan keaktifan siswa yang diambil dari lembar observasi. Hasil penelitian ini menunjukan bawa hasil belajar mencapai 88%. Keaktifan siswa selama pembelajaran CTL 92,5%. Hasil proses pembelajaran CTL sudah mencapai indicator keberhasilan dengan perolehan skor 65 atau 90% dari skor idealnya adalah 72. Sehingga dapat diambil kesimpulan bahwa dengan menggunakan pembelajaran Contextual Teaching and Learning dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas VA MI Islamiyah Kedungmegarih Kembangbahu lamongan.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Additional Information: SYAFI'I
Creators:
CreatorsEmailNIM
Masudi, MOH. HAFIDZ HASAN ALUNSPECIFIEDUNSPECIFIED
Subjects: Contextual Teaching and Learning
Pendidikan > Hasil Belajar
Keywords: Contextual Teaching and Learning (CTL); Hasil Belajar
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Editor: Library Administrator----- Information-----http://library.uinsby.ac.id
Date Deposited: 18 Feb 2014
Last Modified: 21 Apr 2015 04:24
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/11258

Actions (login required)

View Item View Item