PENINGKATAN KEMAMPUAN MENGOPERASIKAN PEMBAGIAN DENGAN MENGGUNAKAN ALAT BANTU BENDA-BENDA KONKRIT PADA SISWAKELAS II MI NURUL HIDAYAH KECAMATAN BANGSAL KABUPATEN MOJOKERTO

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Fadlilah Yh, Siti Nur (2014) PENINGKATAN KEMAMPUAN MENGOPERASIKAN PEMBAGIAN DENGAN MENGGUNAKAN ALAT BANTU BENDA-BENDA KONKRIT PADA SISWAKELAS II MI NURUL HIDAYAH KECAMATAN BANGSAL KABUPATEN MOJOKERTO. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img]
Preview
Text
Cover.pdf

Download (286kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Abstrak.pdf

Download (82kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Daftar Isi.pdf

Download (81kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 1.pdf

Download (75kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 2.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 3.pdf

Download (611kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 4.pdf

Download (91kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 5.pdf

Download (62kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Daftar Pustaka.pdf

Download (11kB) | Preview

Abstract

PTK ini adalah hasil penelitian yang membahas tentang Peningkatan Kemampuan Mengoperasikan Pembagian dengan Menggunakan Alat Bantu-Benda- Konkrit Siswa Kelas II,yang selama ini kebanyakan siswa merasa pelajaran matematika sebagai pelajaran yang susah dimengerti dan sulit difahami.kecenderungan siswa menyukai hafalan bukan konsep yang menyebabkan kemapuan siswa rendah.
Mengoperasikan pembagian dengan bendap-benda konkrit sebagai alat bantu belajar adalah salah satu cara agar siswa bisa berfikir abstak dan memotivasi gairah belajar siswa.Hal ini dengan harapan tingkat efektifitas dan efesiensi belajar matematika pada kelas II yang mengarah pada penyelesaian soal pembagian dapat mencapai ketuntasan sehingga hasil pembelajaran matematika dapat meningkat.
Dalam penelitian ini, ada beberapa permasalahan yang ingin dikaji penulis,yaitu :1) Bagaimana penggunaan alat bantu benda-benda konkrit untuk mengoperasikan pembagian pada siswa kelas II MI Nurul Hidayah Bangsal.2) Bagaimana kemampuan siswa mengoperasikan pembagian dengan alat bantu benda-benda konkrit pada siswa kelas II MI Nurul Hidayah Bangsal.3) Apakah penggunaan alat bantu benda-benda konkrit dapat meningkatkan kemampuan mengoperasikan pembagian pada siswa kelas II MI Nurul Hidayah Bangsal.Tujuan dari penelitian ini adalah : 1) Meminimalkan kesulitan siswa kelas II MI Nurul Hidayah Bangsal dalam mengoperasikan pembagian.2) Meningkatkan kemampuan siswa kelas II MI Nurul Hidayah Bangsal dalam mengoperasikan pembagian .3) Meningkatkan hasil belajar siswa dalam mengoperasikan pembagian pada siswa kelas II MI Nurul Hidayah Bangsal
Objek penelitian adalah siswa kelas dua yang berjumlah 18 siswa. Pada perencanaan penelitian ini, ditetapkan strategi pembelajaran menggunakan metode pemberian tugas yang dikolaborasikan dengan bantuan benda-benda sekitar, selanjutnya dirancang berdasarkan alur siklus-siklus (siklus 1, siklus 2, siklus 3), yang masing-masing siklus pelaksanaannya menggunakan 4 tahapan.
Adapun hasil penelitian ini adalah :1) Dengan penggunaan alat bantu benda-benda konkrit siswa dapat mengoperasikan pembagian dengan nyata sehingga lancar dalam mengoperasikan pembagian.2) Kemampuan siswa dalam mengoperasikan pembagian dengan menggunakan alat bantu benda-benda konkrit cukup bagus meskipun perolehan hasil belajar siswa belum mencapai ketuntasan maksimal, namun telah menunjukkan adanya perubahan menuju kearah yang lebih baik, dengan demikian kemampuan siswa menyelesaikan soal matematika dengan pembagian dengan di bantu alat peraga benda-benda konkrit yang ada disekitarnya masuk katagori baik. 3) Penggunaan alat bantu benda-benda konkrit mampu meningkatkan hasil belajar siswa dalam mengoperasikan pembagian pada siswa kelas II MI Nurul Hidayah Peterongan Bangsal Mojokerto Hal ini dibuktikan dengan nilai rata-rata nilai hasil pengerjaan tugas siswa selama berlangsungnya penelitian yaitu (a) Nilai rata-rata tugas siklus 1 adalah 55,3 dengan persentase ketuntasan 38,9 %. (b) Nilai rata-rata tugas siklus 2 adalah 68,5 dengan persentase ketuntasan 76,5 %. (c) Nilai rata-rata tugas siklus 3 adalah 77,2 dengan persentase ketuntasan 83,3 %, sehingga dapat dinyatakan telah terjadi peningkatan hasil belajar siswa dalam mengoperasikan pembagian dengan menggunakan alat bantu benda-benda konkrit.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Additional Information: Sutikno
Creators:
CreatorsEmailNIM
Fadlilah Yh, Siti NurUNSPECIFIEDUNSPECIFIED
Subjects: Matematika
Pendidikan > Media
Pendidikan > Matematika Realistik
Keywords: Pembagian; Alat Bantu Bbenda Konkret; Matematika
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Editor : Abdul Wahid------ Information------library.uinsby.ac.id
Date Deposited: 25 Feb 2015 02:36
Last Modified: 25 Feb 2015 02:36
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/1127

Actions (login required)

View Item View Item