PENGGUNAAN MEDIA BUAH SEMANGKA UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MEMBANDINGKAN BILANGAN PECAHAN PADA KELAS III C MI NEGERI SEDURI MOJOSARI KABUPATEN MOJOKERTO TAHUN PELAJARAN 2014-2015

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Maisyah, Yayuk (2014) PENGGUNAAN MEDIA BUAH SEMANGKA UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MEMBANDINGKAN BILANGAN PECAHAN PADA KELAS III C MI NEGERI SEDURI MOJOSARI KABUPATEN MOJOKERTO TAHUN PELAJARAN 2014-2015. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img]
Preview
Text
Cover.pdf

Download (142kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Abstrak.pdf

Download (72kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Daftar Isi.pdf

Download (63kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 1.pdf

Download (125kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 2.pdf

Download (166kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 3.pdf

Download (175kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 4.pdf

Download (178kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 5.pdf

Download (60kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Daftar Pustaka.pdf

Download (61kB) | Preview

Abstract

Berhasilnya tujuan pembelajaran ditentukan oleh banyak faktor, diantaranya adalah faktor guru dalam melaksanakan proses belajar mengajar. Karena guru langsung dapat mempengaruhi, membina dan meningkatkan kecerdasan serta ketrampilan siswa. Untuk mengatasi permasalahan di atas dan guna mencapai tujuan pendidikan secara maksimal, peran guru sangat penting. Dan diharapkan guru memiliki cara atau model mengajar yang baik, dan mampu memilih model pembelajaran dan media yang tepat dan sesuai dengan konsep-konsep mata pelejaran yang akan disampaikan.
Permasalahan yang ingin dikaji dalam penelitian ini adalah Apakah dengan menggunakan media buah semangka dapat meningkatkan hasil belajar membandingkan bilangan pecahan pada kelas III C MI Negeri Seduri Mojosari Kab. Mojokrto.
Tujuan dari penelitian tindakan ini adalah (a) Ingin meningkatkan hasil belajar siswa khususnya pada materi membandingkan bilangan pecahan. (b) Ingin mengetahui apakah penggunaan media buah semangka dapat meningkatkan hasil belajar membandingkan bilangan pecahan.
Penelitian ini menggunakan penelitian tindakan (action research) sebanyak tiga putaran. Setiap putaran terdiri dari empat tahap yaitu rancangan, kegiatan dan pengamatan, refleksi dan revisi. Sasaran penelitian ini adalah siswa kelas III C MI Negeri Seduri Kecamatan Mojosari Kabupaten Mojokerto Tahun Pelajaran 2014/2015. Data yang diperoleh berupa hasil evaluasi dan lembar observasi kegiatan belajar mengajar.
Dari hasil analisis didapatkan bahwa hasil belajar siswa mengalami peningkatan prosentasi ketuntasan belajar dari pra siklus sampai siklus II yaitu: Pra siklus (38%), siklus I (50%), siklus III (92,3%).
Kesimpulan dari penelitian ini adalah penggunaan media buah semangka mempunyai pengaruh positif, yaitu dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada materi membandingkan bilangan pecahan yang ditunjukkan dari hasil evaluasi yang dilakukan pada setiap akhir siklus.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Additional Information: Mohamad Salik
Creators:
CreatorsEmailNIM
Maisyah, YayukUNSPECIFIEDUNSPECIFIED
Subjects: Pendidikan > Media
Pendidikan > Hasil Belajar
Pendidikan > Matematika Realistik
Keywords: Media Buah Semangka; Hasil Belajar; Bilangan Pecahan
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Editor : Abdul Wahid------ Information------library.uinsby.ac.id
Date Deposited: 26 Feb 2015 02:28
Last Modified: 26 Feb 2015 02:28
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/1155

Actions (login required)

View Item View Item