This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya
Sholihah, Azimatus (2016) BIMBINGAN DAN KONSELING ISLAM DENGAN TERAPI REALITAS UNTUK MENANGANI MIDDLE CHILD SYNDROME DI PONDOK PESANTREN SAFINATUL HUDA RUNGKUT SURABAYA. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.
|
Text
Cover.pdf Download (710kB) | Preview |
|
|
Text
Abstrak.pdf Download (294kB) | Preview |
|
|
Text
Daftar Isi.pdf Download (309kB) | Preview |
|
|
Text
Bab 1.pdf Download (553kB) | Preview |
|
|
Text
Bab 2.pdf Download (545kB) | Preview |
|
|
Text
Bab 3.pdf Download (542kB) | Preview |
|
|
Text
Bab 4.pdf Download (341kB) | Preview |
|
|
Text
Bab 5.pdf Download (523kB) | Preview |
|
|
Text
Daftar Pustaka.pdf Download (268kB) | Preview |
Abstract
Penelitian ini dibahas dengan rumusan masalahnya yang ditujukan untuk mengetahui (1) Bagaimana Langkah Bimbingan dan Konseling Islam dengan Terapi Realitas untuk menangani Middle Child Syndrome di Pondok Pesantren Safinatul Huda Rungkut, Surabaya? (2) Bagaimana Hasil Bimbingan dan Konseling Islam dengan Terapi Realitas untuk menangani Middle Child Syndrome di Pondok Pesantren Safinatul Huda Rungkut, Surabaya? Dalam menjawab permasalahan tersebut, peneliti menggunakan metode penelitian kualitatif berupa studi kasus yang hasilnya akan disusun menjadi sebuah narasi. Penelitian ini dilatar belakangi oleh ketidaknyamanan sebagai anak tengah dan kesulitan menerima posisinya sebagai anak tengah. Dalam proses bimbingan dan konseling ini digunakan terapi realitas dengan tujuan penerimaan tanggung jawab sehingga anak tengah dapat mencapai identitas suksesnya. Dalam penelitian ini dapat disimpulkan bahwa (1) Proses bimbingan dan konseling islam dengan menggunakan terapi realitas pada penanganan middle child syndrome merupakan pemberian bantua yang cukup efektif adapun langkah yang digunakan dalam terapi ini antara lain : mengungkap ketidaknyamanan sebagai anak tengah, mengungkap keinginan terbedar konseli, mengeksplorasi behavior konseli, meminta konseli melakukan intropeksi diri serta membantu membuat perencaan bagi tindakan yang bertanggung jawab, (2) Dari proses konseling tersebut diketahui banyak perubahan yang terjadi pada konseli dalam penerimaan diri dan pengembangan identitas sukses.
Statistic
Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) | ||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|
Creators: |
|
||||||
Subjects: | Anak Bimbingan Konseling |
||||||
Keywords: | Bimbingan dan Konseling Islam; Terapi Realitas; Middle Child Syndrome | ||||||
Divisions: | Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Bimbingan dan Konseling Islam | ||||||
Depositing User: | Sholihah Azimatus | ||||||
Date Deposited: | 25 Aug 2016 02:11 | ||||||
Last Modified: | 25 Aug 2016 02:11 | ||||||
URI: | http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/12719 |
Actions (login required)
View Item |