This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya
Mardiyah, Lailatul (2016) Students’ writing apprehension in thesis writing at English Teacher Education Department Of UIN Sunan Ampel Surabaya. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.
|
Text
cover.pdf Download (910kB) | Preview |
|
|
Text
Abstrak.pdf Download (253kB) | Preview |
|
|
Text
Daftar Isi.pdf Download (225kB) | Preview |
|
|
Text
Bab 1.pdf Download (1MB) | Preview |
|
|
Text
Bab 2.pdf Download (2MB) | Preview |
|
|
Text
Bab 3.pdf Download (1MB) | Preview |
|
|
Text
Bab 4.pdf Download (2MB) | Preview |
|
|
Text
Bab 5.pdf Download (455kB) | Preview |
|
|
Text
Daftar Pustaka.pdf Download (463kB) | Preview |
Abstract
Untuk mendapatkan gelar S1 di universitas, mahasiswa dituntut untuk mengadakan penelitian dan menulis skripsi. Saat menulis skripsi, rasa khawatir atau kecemasan dialami oleh beberapa siswa di Jurusan Pendidikan Guru bahasa inggris. Perasaan itu juga muncul ketika hasil tulisan atau skripsi mereka dievaluasi oleh dosen atau pembimbing. Ketakutan atau kecemsan dalam menulis disebut writing apprehension. Writing apprehension dialami oleh siswa yg orang asli bahasa inggris dan yang sedang belajar. Bagaimana tingkat dan penyebab menulis kecemasan akan dibahas dalam skripsi ini. Skripsi ini berfokus pada tingkat siswa dan penyebab dari kecemasan menulis ketika melakukan penulisan skripsi di Jurusan Pendidikan Guru bahasa inggris. Penelitian ini bertujuan untuk menyelidiki tingkat dan menjelaskan beberapa penyebab writing apprehension (kecemasan Menulis). Pertanyaan penelitian ini dijawab dengan pendekatan deskriptif kualitatif. Untuk mengukur tingkat writing apprehension (kecemasan Menulis), dengan menggunakan Writing Apprehension Test (WAT) dari Daly-Miller dan untuk menjawab dari penyebab writing apprehension digunakan lembar kuesioner. Subyek penelitian adalah 35 siswa dari mahasiswa semester delapan Jurusan Pendidikan Bahasa Inggris Guru yang telah lulus ujian proposal. Pengumpulan data dilakukan dengan tes dan kuesioner. Setelah menganalisis data, hasilnya ditemukan bahwa ada dua tingkat dari writing apprehension yaitu tidak biasa atau rata-rata dan tingkat rendah. Terdapat 34 siswa di indikasikan sebagai tingkat yang tidak biasa atau rata-rata dan 1 siswa termasuk tingkat rendah dan 0 siswa tidak ada menunjukkan tingkaan tinggi. Kebanyakan dari mereka berada di tingkat rata-rata dengan skor antara 70-85. Di tingkat yang tidak biasa atau rata-rata mendapatkan 97%, tingkat rendah dengan 3% dan tingkat tinggi adalah 0%. Untuk pertanyaan kedua, hasilnya menunjukkan bahwa ada tiga poin utama dalam penyebab writing apprehension yaitu evaluasi negatif dari guru, kemampuan siswa dalam menulis, rendahnya kepercayaan diri mahasiswa. Dari penelitian tersebut dapat disimpulkan bahwa sebagian besar mahasiswa mengalami level tingkat rata-rata dalam writing apprehension dan mereka juga memilih rendahnya kepercayaan diri terhadap hasil tulisan mereka sebagai penyebab dari writing apprehension.
Statistic
Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) | ||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Creators: |
|
||||||||
Contributors: |
|
||||||||
Subjects: | Bahasa Inggris English Learning |
||||||||
Keywords: | Apprehension; Cause; English Education; Thesis Writing | ||||||||
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Bahasa Inggris | ||||||||
Depositing User: | Mardiyah Lailatul | ||||||||
Date Deposited: | 29 Aug 2016 01:36 | ||||||||
Last Modified: | 02 Dec 2019 08:45 | ||||||||
URI: | http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/12868 |
Actions (login required)
View Item |