This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya
Sholawati, Siti Auliyatus (2016) PENGARUH TEKNIK JIGSAW DALAM PEMBELAJARAN ILMU PENGETAHUAN SOSIAL UNTUK MENURUNKAN BURNOUT BELAJAR PADA SISWA SMP ISLAM NGORO JOMBANG. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.
|
Text
Cover.pdf Download (995kB) | Preview |
|
|
Text
Abstrak.pdf Download (807kB) | Preview |
|
|
Text
Daftar Isi.pdf Download (2MB) | Preview |
|
|
Text
Bab 1.pdf Download (963kB) | Preview |
|
|
Text
Bab 2.pdf Download (1MB) | Preview |
|
|
Text
Bab 3.pdf Download (1MB) | Preview |
|
|
Text
Bab 4.pdf Download (1MB) | Preview |
|
|
Text
Bab 5.pdf Download (1MB) | Preview |
|
|
Text
Daftar Pustaka.pdf Download (1MB) | Preview |
Abstract
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh teknik jigsaw dalam pembelajaran ilmu pengetahuan sosial untuk menurunkan burnout belajar pada siswa. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan menggunakan desain eksperimen posttest only non-equivalen control group design. Instrumen penelitian berupa buku panduan pembelajaran teknik jigsaw dan skala burnout belajar siswa. Subjek berjumlah 30 siswa dengan kriteria mendapatkan catatan tentang kemalasan siswa, nilai ulangan harian, kelengkapan catatan buku pelajaran dan pernah mengalami kejenuhan belajar. Uji coba alat ukur skala burnout belajar dilakukan pada 30 subjek yang sama ditempat yang berbeda. Hasil uji coba melalui SPSS 16.0 memperoleh hasil nilai cronbach’s alpha sebesar 0,898 > 0,7, sehingga skala dapat digunakan sebagai alat ukur tingkat burnout belajar siswa. Hasil penelitian menggunakan Mann-Whitney U-Test dengan taraf signifikansi sebesar 0,361 > 0,05 dan memperoleh nilai Z hitung sebesar -0,914 > Z tabel 0,01. Hal ini menunjukkan bahwa terdapat perbedaan tingkat burnout belajar antara kelompok kontrol dengan kelompok eksperimen. Artinya, terdapat pengaruh teknik jigsaw dalam pembelajaran ilmu pengetahuan sosial untuk menurunkan burnout belajar siswa.
Statistic
Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) | ||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|
Creators: |
|
||||||
Subjects: | Psikologi | ||||||
Keywords: | Teknik Jigsaw; Burnout belajar | ||||||
Divisions: | Fakultas Psikologi dan Kesehatan > Psikologi | ||||||
Depositing User: | Sholawati Siti Auliyatus | ||||||
Date Deposited: | 29 Aug 2016 01:47 | ||||||
Last Modified: | 29 Aug 2016 01:47 | ||||||
URI: | http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/13182 |
Actions (login required)
View Item |