PENGARUH TEKNIK JIGSAW DALAM PEMBELAJARAN ILMU PENGETAHUAN SOSIAL UNTUK MENURUNKAN BURNOUT BELAJAR PADA SISWA SMP ISLAM NGORO JOMBANG

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Sholawati, Siti Auliyatus (2016) PENGARUH TEKNIK JIGSAW DALAM PEMBELAJARAN ILMU PENGETAHUAN SOSIAL UNTUK MENURUNKAN BURNOUT BELAJAR PADA SISWA SMP ISLAM NGORO JOMBANG. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img]
Preview
Text
Cover.pdf

Download (995kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Abstrak.pdf

Download (807kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Daftar Isi.pdf

Download (2MB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 1.pdf

Download (963kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 2.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 3.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 4.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 5.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
Daftar Pustaka.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh teknik jigsaw dalam pembelajaran ilmu pengetahuan sosial untuk menurunkan burnout belajar pada siswa. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan menggunakan desain eksperimen posttest only non-equivalen control group design. Instrumen penelitian berupa buku panduan pembelajaran teknik jigsaw dan skala burnout belajar siswa. Subjek berjumlah 30 siswa dengan kriteria mendapatkan catatan tentang kemalasan siswa, nilai ulangan harian, kelengkapan catatan buku pelajaran dan pernah mengalami kejenuhan belajar. Uji coba alat ukur skala burnout belajar dilakukan pada 30 subjek yang sama ditempat yang berbeda. Hasil uji coba melalui SPSS 16.0 memperoleh hasil nilai cronbach’s alpha sebesar 0,898 > 0,7, sehingga skala dapat digunakan sebagai alat ukur tingkat burnout belajar siswa. Hasil penelitian menggunakan Mann-Whitney U-Test dengan taraf signifikansi sebesar 0,361 > 0,05 dan memperoleh nilai Z hitung sebesar -0,914 > Z tabel 0,01. Hal ini menunjukkan bahwa terdapat perbedaan tingkat burnout belajar antara kelompok kontrol dengan kelompok eksperimen. Artinya, terdapat pengaruh teknik jigsaw dalam pembelajaran ilmu pengetahuan sosial untuk menurunkan burnout belajar siswa.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Sholawati, Siti Auliyatusauliyasholawati1107@gmail.comUNSPECIFIED
Subjects: Psikologi
Keywords: Teknik Jigsaw; Burnout belajar
Divisions: Fakultas Psikologi dan Kesehatan > Psikologi
Depositing User: Sholawati Siti Auliyatus
Date Deposited: 29 Aug 2016 01:47
Last Modified: 29 Aug 2016 01:47
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/13182

Actions (login required)

View Item View Item