Peningkatkan pemahaman mata pelajaran Fiqih materi ketentuan kurban melalui cooperative script di kelas V MI Banu Hasyim Waru Sidoarjo

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Normiah, Normiah (2016) Peningkatkan pemahaman mata pelajaran Fiqih materi ketentuan kurban melalui cooperative script di kelas V MI Banu Hasyim Waru Sidoarjo. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img]
Preview
Text
Cover.pdf

Download (391kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Abstrak.pdf

Download (419kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Daftar Isi.pdf

Download (422kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 1.pdf

Download (445kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 2.pdf

Download (789kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 3.pdf

Download (466kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 4.pdf

Download (529kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 5.pdf

Download (422kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Daftar Pustaka.pdf

Download (422kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi permasalahan berupa belum tuntasnya nilai KKM siswa pada mata pelajaran fiqih di kelas V MI Banu Hasyim Sidoarjo. Permasalahan tersebut adalah 14 siswa atau 66 % siswa belum tuntas pada mata pelajaran fiqih materi ketentuan kurban. Adapun nilai kriteria ketuntasan minilaml (KKM) tersebut adalah 75. Hasil tersebut diperoleh dari wawancara dengan guru yang menyatakan 14 orang dari 21 orang siswa belum mencapai nilai KKM atau 66 %. Sedangkan yang mencapai nilai KKM adalah 7 orang atau 34 %. Tujuan penelitian ini adalah (1) Untuk mengetahui penerapan model pembelajaran Cooperative Scriptdalam meningkatkan hasil belajar mata pelajaran fiqihmateri ketentuan kurbandi kelas V MI Banu Hasyim Sidoarjo. (2) Untuk mengetahuipeningkatan pemahaman siswa terhadap mata pelajaran Fiqih materi ketentuan kurbandi kelas V MI Banu Hasyim Sidoarjo, melalui model pembelajaran Cooperative Script.
Penelitian Tindakan Kelas ini menggunakan model penelitian menurut Kurt Lewwin. Penelitian ini terdiri daari dua siklus. Siklus I ini melalui beberapa langkah yaitu, perencanaan, pelaksanaan, observasi dan refleksi. Sedangkan pada siklus II hanya melalui tiga langkah yaitu perencanaan kembali, pelaksanaan, dan observasi. Penelitian ini dilakukan dengan dua siklus karena hasil yang pada siklus I belum memenuhi indicator penelitian. Setelah melakukan penelitian tersebut, diperoleh hasil Peningkatan yang terjadi mengenai aktivitas guru pada siklus I dengan nilai 68, sedangkan pada siklus II menjadi 73. Peningkatan yang terjadi mengenai aktivitas siswa pada siklus I dengan nilai 50, sedangkan pada siklus II menjadi 74. Peningkatan pemahaman siswa ditandai dengan ketuntasan belajar yang terdapat pada siklus pembelajaran. Dua siklus tersebut masing-masing mendapatkan hasil yang berbeda. Siklus I dengan nilai ketuntasan belajar 76 % menjadi 90 % pada siklus II.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Normiah, Normiahmiyahnoor@gmail.comD07212024
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorTamwifi, Irfanirf.tamwifi@gmail.com2002017001
Subjects: Kurban
Keywords: Model Cooperative Script; Peningkatan Pemahaman
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Normiah Normiah
Date Deposited: 29 Aug 2016 03:38
Last Modified: 14 Jan 2020 07:10
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/13183

Actions (login required)

View Item View Item