This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya
Munawaroh, Hikmatul (2016) Pengaruh implementasi pembelajaran Pendidikan Agama Islam terhadap perilaku keagamaan, sosial dan budaya peserta didik di SMPN 1 Tragah Bangkalan. Masters thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.
Text
Hikmatul Munawaroh_F03213066 ok.pdf Download (6MB) |
Abstract
Masalah dalam penelitian ini adalah: (1) Bagaimana Implementasi Pembelajaran Pendidikan Agama Islam di SMPN 1 Tragah Bangkalan?, (2). Bagaimana Perilaku Keagamaan, Sosial, dan Budaya Peserta Didik di SMP N 1 Tragah Bangkalan?. (3). Bagaimana Pengaruh Implementasi Pembelajaran Pendidikan Agama Islam Terhadap Perilaku Keagamaan, Sosial, dan Budaya di SMP N 1 Tragah Bangkalan?, Maka dapat disimpulkan sebagai berikut. Jenis penelitian ini adalah kuantitatif dengan Sampel: 75 siswa. Variabel Peneletian: 1.Variabel Bebas: Implementasi Pembelajaran Pendidikan Agama Islam. 2. variabel terikat : perilaku keagamaan, sosial, dan budaya peserta didik. Pengukuran Variabel: perilaku peserta didik dengan menggunakan angket. Sumber Data: responden, dan dokumentasi. Metode pengumpulan data : Metode angket, observasi, interview, dokumentasi. Teknik analisis data: Menggunakan analisis deskriptif, uji hipotesis dan metode induktif dengan bantuan statistic melalui rumus Mean dan Korelasi Product-Moment. Hasil Penelitian: 1. Implementasi Pembelajaran Pendidikan Agama Islam di SMPN 1 Tragah Bangkalan sudah cukup baik dibuktikan dengan adanya perangkat pembelajaran PAI dan sangatlah bervariasi dengan sampel 75 bila dirata-rata nilainya 35,98 dengan kriteria “sedang”.2. Dari perilaku Peserta didik di SMP N 1 Tragah Bangkalan terdiri dari tiga kesimpulan berdasarkan pengambilan angket: a) perilaku keagamaan di SMP N 1 Tragah Bangkalan sangatlah bervariasi dengan sampel 75 bila dirata-rata nilainya 85,01. Nilai ini termasuk kriteria “Tinggi”.b) Perilaku sosial siswa di SMP N 1 Tragah Bangkalan sangatlah bervariasi dengan sampel 75 bila dirata-rata nilainya 83,4. Nilai ini termasuk kriteria “Tinggi”.c) Perilaku budaya pada diri peserta didik di SMP N 1 Tragah Bangkalan sangatlah bervariasi dengan sampel 75 bila dirata-rata nilainya 25,36. Nilai ini termasuk kriteria “Tinggi”.3. Ada pengaruh positif yang signifikan antara pembelajaran Pendidikan Agama Islam dengan perilaku keagamaan di SMP N 1 Tragah Bangkalan dalam kategori “Sangat rendah”. 4. Ada pengaruh positif yang signifikan antara pembelajaran Pendidikan Agama Islam dengan perilaku sosial peserta didik di SMP N 1 Tragah Bangkalan dalam kategori “Sangat tinggi”.5. Ada pengaruh positif yang signifikan antara pembelajaran Pendidikan Agama Islam dengan perilaku budaya bangsa siswa di SMP N 1 Tragah Bangkalan dalam kategori “Sangat rendah”.6. Ada korelasi positif yang signifikan antara pembelajaran Pendidikan Agama Islam dengan perilaku keagamaan, perilaku sosial, dan perilaku budaya peserta didik di SMP N 1 Tragah Bangkalan dalam kategori “Sangat rendah”.
Statistic
Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.
Item Type: | Thesis (Masters) | ||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Creators: |
|
||||||||
Contributors: |
|
||||||||
Subjects: | Pendidikan Islam Pendidikan > Pembelajaran |
||||||||
Keywords: | Pembelajaran; Pendidikan Agama Islam; perilaku peserta didik | ||||||||
Divisions: | Program Magister > Pendidikan Agama Islam | ||||||||
Depositing User: | Munawaroh Hikmatul | ||||||||
Date Deposited: | 24 Nov 2016 08:10 | ||||||||
Last Modified: | 06 Nov 2023 02:45 | ||||||||
URI: | http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/14409 |
Actions (login required)
View Item |