Peningkatan ketrampilan menulis puisi mata pelajaran Bahasa Indonesia melalui metode pembelajaran Silent Demonstration pada siswa Kelas V MI Miftahul Ulum Bango Solokuro Lamongan

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Rohmawati, Diana (2014) Peningkatan ketrampilan menulis puisi mata pelajaran Bahasa Indonesia melalui metode pembelajaran Silent Demonstration pada siswa Kelas V MI Miftahul Ulum Bango Solokuro Lamongan. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img]
Preview
Text
Cover.pdf

Download (3MB) | Preview
[img]
Preview
Text
Abstrak.pdf

Download (202kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Daftar Isi.pdf

Download (159kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 1.pdf

Download (366kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 2.pdf

Download (445kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 3.pdf

Download (693kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 4.pdf

Download (806kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 5.pdf

Download (112kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Daftar Pustaka.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini di latar belakangi oleh rendahnya keterampilan menulis puisi bebas siswa kelas V MI Miftahul Ulum Solokuro Lamongan. Faktaya, masih banyak siswa yang mengalami kesulitan dalam menulis puisi bebas dengan menggunakan kosa kata yang baik. Oleh karena itu sangat perlu diterapkan metode yang dinilai dapat meningkatkan keterampilan menulis puisi, salah satu metode tersebut adalah metode silent demonstration. Penelitian ini bertujuan untuk: (1) Mengetahui pelaksanaan pembelajaran menulis puisi dengan metode silent demonstration pada siswa kelas V MI Miftahul Ulum Solokuro Lamongan, (2) Mengetahui peningkatan keterampilan menulis puisi bebas pada siswa kelas V MI Miftahul Ulum Solokuro Lamongan setelah diterapkan metode pembelajaran Silent Demonstration. Adapun jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan dalam dua siklus, sedangkan model PTK yang digunakan adalah model Kurt Lewin, di mana dalam satu siklus terdiri dari empat tahapan, yang meliputi: perencanaan, tindakan, observasi, dan refleksi. Teknik pengumpulan data diperoleh melalui observasi, wawancara, dan non tes. Adapun data yang diperoleh kemudian dianalisis secara deskriptif serta dianalisis dengan menggunakan rumus nilai rata-rata dan persentase ketuntasan belajar. Hasil penelitian yang diperoleh menujukkan bahwa: (1). Penerapan metode silent demonstration berjalan dengan efektif dengan melalui perbaikan-perbaikan pada setiap siklusnya. Dalam PBM dapatdiketahui bahwa aktivitas guru dan siswa mengalami peningkatan secara berturut-turut, artinya mulai dari pra siklus ke siklus I dan ke siklus II. (2). Keterampilan menulis puisi bebas siswa mengalami peningkatan yang sangat signifikan, yaitu nilai rata-rata yang diperoleh siswa sebelum tindakan (pra siklus) adalah 65,5, sedangkan setelah dilakukan tindakan siklus I eningkat menjadi 73, akan tetapi peningkatan tersebut masih belum dibarengi dengan pencapain KKM yang ditentukan yaitu 75. Sehingga perlu dilakukan tindakan siklus II, dan pada siklus II ini nilai rata-rata yang diperoleh siswa adalah 79, artinya para siswa dapat dikatakan tuntas dalam pembelajaran. Begitu juga dengan nilai prosentase ketuntasan belajar siswa mengalami penignkatan, dari 33,3% di pra siklus menjadi 67% di siklus I dan 89% di siklus II. Dengan demikian hasil penelitian di kelas V MI Miftahul Ulum Solokuro Lamongan memiliki katagori ketuntasan sangat baik.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Rohmawati, Diana--D07210016
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorMusthofa, M. Bahribahri.musthofa007@gmail.com2022077302
Subjects: Pendidikan > Pembelajaran
Keywords: Peningkatan Ketrampilan; Menulis Puisi; Silent Demonstrations
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Users 18 not found.
Date Deposited: 19 Mar 2015 02:00
Last Modified: 10 Feb 2020 03:32
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/1445

Actions (login required)

View Item View Item