This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya
Rohmawati, Diana (2014) Peningkatan ketrampilan menulis puisi mata pelajaran Bahasa Indonesia melalui metode pembelajaran Silent Demonstration pada siswa Kelas V MI Miftahul Ulum Bango Solokuro Lamongan. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.
|
Text
Cover.pdf Download (3MB) | Preview |
|
|
Text
Abstrak.pdf Download (202kB) | Preview |
|
|
Text
Daftar Isi.pdf Download (159kB) | Preview |
|
|
Text
Bab 1.pdf Download (366kB) | Preview |
|
|
Text
Bab 2.pdf Download (445kB) | Preview |
|
|
Text
Bab 3.pdf Download (693kB) | Preview |
|
|
Text
Bab 4.pdf Download (806kB) | Preview |
|
|
Text
Bab 5.pdf Download (112kB) | Preview |
|
|
Text
Daftar Pustaka.pdf Download (1MB) | Preview |
Abstract
Penelitian ini di latar belakangi oleh rendahnya keterampilan menulis puisi bebas siswa kelas V MI Miftahul Ulum Solokuro Lamongan. Faktaya, masih banyak siswa yang mengalami kesulitan dalam menulis puisi bebas dengan menggunakan kosa kata yang baik. Oleh karena itu sangat perlu diterapkan metode yang dinilai dapat meningkatkan keterampilan menulis puisi, salah satu metode tersebut adalah metode silent demonstration. Penelitian ini bertujuan untuk: (1) Mengetahui pelaksanaan pembelajaran menulis puisi dengan metode silent demonstration pada siswa kelas V MI Miftahul Ulum Solokuro Lamongan, (2) Mengetahui peningkatan keterampilan menulis puisi bebas pada siswa kelas V MI Miftahul Ulum Solokuro Lamongan setelah diterapkan metode pembelajaran Silent Demonstration. Adapun jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan dalam dua siklus, sedangkan model PTK yang digunakan adalah model Kurt Lewin, di mana dalam satu siklus terdiri dari empat tahapan, yang meliputi: perencanaan, tindakan, observasi, dan refleksi. Teknik pengumpulan data diperoleh melalui observasi, wawancara, dan non tes. Adapun data yang diperoleh kemudian dianalisis secara deskriptif serta dianalisis dengan menggunakan rumus nilai rata-rata dan persentase ketuntasan belajar. Hasil penelitian yang diperoleh menujukkan bahwa: (1). Penerapan metode silent demonstration berjalan dengan efektif dengan melalui perbaikan-perbaikan pada setiap siklusnya. Dalam PBM dapatdiketahui bahwa aktivitas guru dan siswa mengalami peningkatan secara berturut-turut, artinya mulai dari pra siklus ke siklus I dan ke siklus II. (2). Keterampilan menulis puisi bebas siswa mengalami peningkatan yang sangat signifikan, yaitu nilai rata-rata yang diperoleh siswa sebelum tindakan (pra siklus) adalah 65,5, sedangkan setelah dilakukan tindakan siklus I eningkat menjadi 73, akan tetapi peningkatan tersebut masih belum dibarengi dengan pencapain KKM yang ditentukan yaitu 75. Sehingga perlu dilakukan tindakan siklus II, dan pada siklus II ini nilai rata-rata yang diperoleh siswa adalah 79, artinya para siswa dapat dikatakan tuntas dalam pembelajaran. Begitu juga dengan nilai prosentase ketuntasan belajar siswa mengalami penignkatan, dari 33,3% di pra siklus menjadi 67% di siklus I dan 89% di siklus II. Dengan demikian hasil penelitian di kelas V MI Miftahul Ulum Solokuro Lamongan memiliki katagori ketuntasan sangat baik.
Statistic
Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) | ||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Creators: |
|
||||||||
Contributors: |
|
||||||||
Subjects: | Pendidikan > Pembelajaran | ||||||||
Keywords: | Peningkatan Ketrampilan; Menulis Puisi; Silent Demonstrations | ||||||||
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah | ||||||||
Depositing User: | Users 18 not found. | ||||||||
Date Deposited: | 19 Mar 2015 02:00 | ||||||||
Last Modified: | 10 Feb 2020 03:32 | ||||||||
URI: | http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/1445 |
Actions (login required)
View Item |