Terapi behavior dalam mengatasi penurunan motivasi belajar siswa akibat kecanduan game online: studi kasus siswa X di Sekolah Menengah Pertama Jalan Jawa Surabaya

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Putra, Mahendra Apriliyono (2016) Terapi behavior dalam mengatasi penurunan motivasi belajar siswa akibat kecanduan game online: studi kasus siswa X di Sekolah Menengah Pertama Jalan Jawa Surabaya. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Mahendra Apriliyono Putra_D03212049.pdf

Download (1MB)

Abstract

Sebagaimana dengan kasus yang di dapat oleh peneliti, pada siswa X yang sedang duduk di kelas VIII di SMP Jalan Jawa Surabaya, yang sering tidak masuk sekolah, yang selalu bikin ramai kelas, yang motivasi belajarnya rendah, bahkan pernah gagal dalam kenaikan kelas dan seringnya bermain game online di warnet. Dengan demikian dari latar belakang tersebut konselor memberikan terapi behavior, yang dimana sebelumnya telah mempertimbangkan hal-hal yang berkaitan dengan siswa. Dalam problem ini, masalah yang diteliti adalah bagaimana identifikasi kasus siswa yang mengalami penurunan motivasi belajar akibat kecanduan game online, bagaimana diagnosis dan prognosis, bagaimana treatment/terapi behavior terhadap siswa, dan bagaimana evaluasi dan follow up terapi behavior dalam mengatasi penurunan motivasi belajar siswa akibat kecanduan game online di SMP Jalan Jawa Surabaya. Penelitian ini termasuk dalam penelitian deskriptif kualitatif. Adapun informan penelitiannya yaitu konselor (guru bimbingan konseling), guru kelas, wali kelas, konseli/klien, serta teman-teman konseli. Dan untuk teknik pengumpulan data meliputi wawancara, observasi, angket kecanduan game online, serta angket motivasi belajar. Langkah–langkahnya yang pertama yaitu identifikasi kasus siswa di SMP Jalan Jawa Surabaya yaitu Mengenal gejala–gejala awal dari suatu masalah yang dihadapi siswa. Kemudian Diagnosis dan Prognosis yaitu merupakan simpulan dari analisis atas keseluruhan data dan informasi yang diperoleh, serta penetapan terapi yang akan digunakan. Kemudian pelaksanaan terapi yang telah dipilih yaitu terapi behavior, kemudian evaluasi dan follow upnya. Untuk evaluasi dan follow up terapi behavior kepada siswa SMP Jalan Jawa Surabaya, konselor dapat mengetahui dan menilai perubahan yang telah terjadi pada klien setelah menjalani proses terapi dapat dijelaskan bahwa klien mengalami perubahan yang cukup baik, khususnya secara psikis hal tersebut terlihat dari pengakuan klien yang telah sadar atas perbuatan klien sebelumnya, klien juga sudah mengurangi tidak pergi ke warnet lagi dan sudah tidak tidak membolos sekolah lagi.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Putra, Mahendra Apriliyonomahendraa.putra22@gmail.comD03212049
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorMukhlishahmukhlishah.bki@gmail.com2005056801
Subjects: Bimbingan Konseling
Internet
Motivasi Belajar
Keywords: Terapi behavior; penurunan motivasi belajar; siswa SMP; kecanduan game online
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Kependidikan Islam
Depositing User: Putra Mahendra Apriliyono
Date Deposited: 08 Dec 2016 06:50
Last Modified: 24 Feb 2020 04:35
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/14579

Actions (login required)

View Item View Item