AL SABKU AL NASSHY FI SURAH AL KAHFI : DIRASAH TAHLILIYAH NASSHIYAH

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Suadah, Fatkhiyatus (2017) AL SABKU AL NASSHY FI SURAH AL KAHFI : DIRASAH TAHLILIYAH NASSHIYAH. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img]
Preview
Text
Cover.pdf

Download (375kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Abstrak.pdf

Download (280kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Daftar Isi.pdf

Download (342kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 1.pdf

Download (417kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 2.pdf

Download (837kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 3.pdf

Download (456kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 4.pdf

Download (2MB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 5.pdf

Download (448kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Daftar Pustaka.pdf

Download (733kB) | Preview

Abstract

Al-Quran merupakan media efektif untuk dinikmati dan dihayati sepanjang masa, nilai bahasa yang terkandung pun memberikan kesan takjub karena itulah gaya kalam Allah yang mengalahkam semua ahli balagha dan sastra. Sehingga patutlah menjadikan al-Quran sebagai titik tolak ukur perkembangan ilmu pengetahuan, tertutama dakam pengetahuan bahasa. Dengan demikian, al-Quran pun dapat dikatan sebagai teks, yakni kesatuan dari beberapa kalimat satu dengan yang lain saling terikat erat. Begitupun al-Quran yang mana setiap kata saling berkaitan dengan kata yang lain, untuk membentuk makna atau penafsiran yang tepat. Oleh karena itu, untuk memahami teks terutama dalam al-quran, diperlukan pemaknaan suatu unsur membahas tentang keserasian hubungan struktural lahir antara ujaran satu dengan yang lain. Unsur ini pun disebut dengan Kohesi, yakni suatu konsep semantik yang mengacu kepada hubungan makna yang ada dalam suatu wacana yang ditandai dengan penggunaan alat-alat kohesi, seperti subtitusi, konjungsi, referensi, ellipsis, repetisi dan kolokusi. Unsur kohesi dibagi menjadi dua menurut keberadaannya, yakni kohesi gramatikal dan leksikal. Sehingga dalam penelitian ini akan difokuskan pada objek salah satu surat dalam al-Quran yakni Surat al-Kahfi, dan akan dikaji dengan pembahasan kohesi gramatikal dan leksikal. Dari latar belakang tersebut, lahirlah dua rumusan masalah yang menjadi acuan penelitian ini, yakni : 1) Bagaimana bentuk kohesi gramatikal dalam surat al-Kahfi?, dan 2) Bagaimana bentuk kohesi leksikal dalam Surat al-Kahfi?. Dengan kedua rumusan masalah tersebut akan muncul tujuan penelitian sebagai berikut : 1) Untuk mengetahui bentuk kohesi gramatikal dalam Surat al-Kahfi, dan 2) Untuk mengetahui bentuk kohesi leksikal dalam Surat al-Kahfi. Adapun penelitian ini menggunakan metode kualitatif yaitu prosedur penelitian yang menghasilkan data deskriptif berupa kata-kata yang tertulis, sebagaimana data yang diperoleh merupakan teks dalam Surat al-Kahfi. Dengan sumber data adalah al-Quran al-Karim. Sehingga penelitian ini merupakan penelitian kepustakaan (Library Research). Sedangkan metode pendekatan yang digunakan adalah kajian analisis teks, yang telah diungkapkan oleh Halliday dan Hasan tentang unsur-unsur kohesi gramatikal dan leksikal. Dan hasil penelitian ini dapat disimpulkan, bahwasanya dalam Surat al-Kahfi terkandung unsur-unsur kohesi gramatikal, antara lain; Referensi (al-Ihalah) yang berjumlah 638, Subtitusi (al-Istibdal) yang berjumlah 20, Konjungsi (al-Washlu) berjumlah 257, Elipsis (al-Hadzfu) berjumlah 22. Sedangkan kohesi leksikal yang terdiri dari Repetisi (at-Tikroru) yang berjumlah 29 dan Kolokusi (al-Mushahabah al-Mu’jamiyah) yang berjumlah 45.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Suadah, Fatkhiyatusfatkhiyatussuadah@gmail.comUNSPECIFIED
Subjects: Linguistik
Keywords: Kohesi; Analisis Teks; Surat al Kahfi; kohesi gramatikal; kohesi leksika
Divisions: Fakultas Adab dan Humaniora > Bahasa dan Sastra Arab
Depositing User: Su'adah Fatkhiyatus
Date Deposited: 01 Mar 2017 08:00
Last Modified: 01 Mar 2017 08:00
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/15079

Actions (login required)

View Item View Item