Pengembangan pembelajaran matematika berbasis masalah dengan strategi React untuk meningkatkan pemahaman relasional siswa

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Choiriyah, Eka Nur Jannah Isti (2017) Pengembangan pembelajaran matematika berbasis masalah dengan strategi React untuk meningkatkan pemahaman relasional siswa. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img]
Preview
Text
Cover.pdf

Download (566kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Abstrak.pdf

Download (311kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Daftar Isi.pdf

Download (308kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 1.pdf

Download (468kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 2.pdf

Download (709kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 3.pdf

Download (667kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 4.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 5.pdf

Download (357kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Daftar Pustaka.pdf

Download (443kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan perangkat pembelajaran yang valid, paraktis, dan efektif guna meningkatkan pemahaman relasional siswa. Perangkat pembelajaran yang dikembangkan adalah RPP dan LKS. Perangkat pembelajaran dikembangkan dengan model pembelajaran berbasis masalah sedangkan strategi yang digunakan adalah strategi REACT. Kombinasi antara model pembelajaran berbasis masalah dan strategi REACT melibatkan keterampilan berpikir dan kemampuan memecahkan masalah sehingga siswa berperan aktif mengkonstruksi pemahaman yang ia miliki. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan yang mengacu pada model pengembangan Plomp yang terdiri dari lima fase pengembangan, namun penelitian ini hanya dilakukan sampai pada fase tes, evaluasi, dan revisi. Uji coba dilakukan pada 42 siswa kelas VIII-A di SMP Negeri 8 Surabaya. Data yang diperoleh selama penelitian berupa keterlaksanaan sintaks pembelajaran, respon siswa, aktivitas siswa, serta nilai pretest dan posttest. Data pretest dan posttest akan diolah menggunakan uji-t sampel berpasangan. Hasil analisis data penelitian diperoleh data kevalidan perangkat pembelajaran dengan rata-rata total validitas sebesar 3,73 untuk RPP dan 3,97 untuk LKS serta masing-masing perangkat pembelajaran memenuhi kriteria praktis dengan catatan dapat digunakan dengan sedikit revisi. Perangkat pembelajaran memenuhi kriteria efektif dikarenakan presentase rata-rata keterlaksanaan sintaks sebesar 97,5%; respon positif siswa sebesar 92,12%; dan presentase aktivitas siswa yang mendukung KBM lebih besar dibandingkan siswa yang tidak mendukung KBM. Hasil uji-t sampel berpasangan terhadap data pretest dan posttest diperoleh nilai signifikasi<nilai alpha, yaitu 0,000<0,05. Hal ini menunjukkan terdapat peningkatan pemahaman relasional siswa sebelum dan sesudah pembelajaran matematika berbasis masalah dengan strategi REACT.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Choiriyah, Eka Nur Jannah Istiekha_nic13@ymail.comD94212088
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorLubab, AhmadUNSPECIFIEDUNSPECIFIED
Subjects: Matematika
Keywords: Pembelajaran Berbasis Masalah (PBM); strategi REACT; pemahaman relasional
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Matematika
Depositing User: Choiriyah Eka Nur Jannah Isti
Date Deposited: 21 Feb 2017 02:11
Last Modified: 14 Oct 2024 07:11
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/15355

Actions (login required)

View Item View Item