This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya
Kumalasari, Wiwin (2017) Profil pemecahan masalah siswa dalam membuktikan identitas trigonometri ditinjau dari tipe kepribadian extrovert dan introvert. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.
|
Text
Cover.pdf Download (598kB) | Preview |
|
|
Text
Abstrak.pdf Download (199kB) | Preview |
|
|
Text
Daftar Isi.pdf Download (223kB) | Preview |
|
|
Text
Bab 1.pdf Download (326kB) | Preview |
|
|
Text
Bab 2.pdf Download (690kB) | Preview |
|
|
Text
Bab 3.pdf Download (282kB) | Preview |
|
|
Text
Bab 4.pdf Download (1MB) | Preview |
|
|
Text
Bab 5.pdf Download (215kB) | Preview |
|
|
Text
Bab 6.pdf Download (199kB) | Preview |
|
|
Text
Daftar Pustaka.pdf Download (325kB) | Preview |
Abstract
Kepribadian merupakan reaksi yang diberikan seseorang pada orang lain yang diperoleh dari apa yang dipikirkan, dirasakan dan diperbuat yang terungkap melalui perilaku dalam kehidupan sehari-hari. Apabila reaksi tersebut terus menerus ditunjukkan dapat menjadi sebuah kebiasaan. Kebiasaan yang ada pada diri seseorang akan mempengaruhi bagaimana seseorang bersikap dan mengambil keputusan dalam bertindak. Kebiasaan dan sikap dalam mengambil keputusan maupun bertindak sangat mempengaruhi proses berpikir siswa. Sehingga tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui gambaran terperinci mengenai proses pemecahan masalah siswa dalam membuktikan identitas trigonometri ditinjau dari perbedaan tipe kepribadian extrovert dan introvert.Penelitian ini adalah penelitian deskriptif menggunakan pendekatan kualitatif. Subjek penelitian terdiri dari 4 siswa, masing-masing 2 siswa yang memiliki tipe kepribadian extrovert dan 2 siswa yang memiliki tipe kepribadian introvert. Subjek dipilih dari hasil angket tipe kepribadian untuk menentukan tipe kepribadian siswa dan hasil raport siswa untuk menentukan kemampuan matematis yang setara. Data penelitian diperoleh dari hasil 2 tes pembuktian identitas trigonometri (TIT) yang diperdalam dengan wawancara. Peneliti menguji kredibilitas dan kevalidan data menggunakan triangulasi metode. Hasil TIT dianalisis berdasarkan indikator tahap pemecahan masalah menurut Polya dan hasil wawancara dianalisis berdasarkan Miles dan Huberman. Hasil penelitian menunjukkan bahwa subjek extrovert dalam memahami masalah, merencanakan penyelesaian dan melaksanakan penyelesaian, subjek extrovert sudah sesuai/memenuhi indikator pemecahan masalah menurut Polya. Akan tetapi pada tahap memeriksa kembali subjek extrovert tidak memeriksa kembali hasil pengerjaannya, sehingga pada tahap ini subjek extrovert belum memenuhi indikator pemecahan masalah menurut Polya. Sedangkan subjek introvert dalam memahami masalah, merencanakan penyelesaian dan melaksanakan penyelesaian, memeriksa kembali subjek introvert sudah sesuai/memenuhi indikator pemecahan masalah menurut Polya.
Statistic
Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) | ||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|
Creators: |
|
||||||
Subjects: | Pendidikan > Pembelajaran | ||||||
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Matematika | ||||||
Depositing User: | Kumalasari Wiwin | ||||||
Date Deposited: | 25 Apr 2017 08:10 | ||||||
Last Modified: | 25 Apr 2017 08:10 | ||||||
URI: | http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/16170 |
Actions (login required)
View Item |