This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya
Akbar, Khoirul (2017) Efektivitas konseling dengan terapi menggambar dalam mengurangi emosi negatif siswa kelas VIII Madrasah Tsanawiyah Al Mukhlishin Ciseeng Bogor. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.
|
Text
Cover.pdf Download (875kB) | Preview |
|
|
Text
Abstrak.pdf Download (298kB) | Preview |
|
|
Text
Daftar Isi.pdf Download (511kB) | Preview |
|
|
Text
Bab 1.pdf Download (1MB) | Preview |
|
|
Text
Bab 2.pdf Download (926kB) | Preview |
|
|
Text
Bab 3.pdf Download (1MB) | Preview |
|
Text
Bab 4.pdf Download (996kB) |
||
Text
Bab 5.pdf Download (507kB) |
||
|
Text
Daftar Pustaka.pdf Download (637kB) | Preview |
Abstract
Permasalahan yang diteliti dalam penelitian skripsi ini adalah bagaimana efektivitas konseling dengan terapi menggambar dalam mengurangi emosi negatif siswa kelas VIII di Madrasah Tsanawiyah Al-Mukhlishin Ciseeng-Bogor. Untuk menjawab permasalahan tersebut, peneliti menggunakan proses treatment dengan menggunakan tahapan Pendekatan Humanistik. Sementara untuk membuktikan apakah terapi menggambar efektif dalam mengurangi emosi negatif siswa kelas VIII, maka peneliti menggunakan metode penelitian kuantitatif dengan bentuk pretest-posttest control group design yang berfungsi untuk mengungkap hasil dari semua data dan fakta yang telah diperoleh selama penelitian ini berlangsung. Adapun variabel dalam penelitian ini adalah, konseling dengan terapi menggambar (variabel bebas), dan emosi negatif siswa kelas VIII (variabel terikat). Objek penelitian dalam penelitian ini adalah siswa kelas VIII A, B, dan C yang terbagi ke dalam dua kelompok yaitu kelompok eksperimen dan kontrol dengan jumlah total 60 siswa. Sementara metode pengumpulan data yang dipilih oleh peneliti adalah berupa wawancara, angket dan dokumentasi. Untuk menguji apakah konseling dengan terapi menggambar efektif dalam mengurangi emosi negatif siswa kelas VIII, maka peneliti menguji hasil pretest dan posttest dari kelompok eksperimen dan kelompok kontrol menggunakan rumus uji independent sample t-test. Hasil pengujian tes tersebut menunjukan bahwa konseling dengan terapi menggambar belum efektif dalam mengurangi emosi negatif siswa kelas VIII di Madrasah Tsanawiyah Al-Mukhlishin Ciseeng-Bogor.
Statistic
Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) | ||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|
Creators: |
|
||||||
Subjects: | Bimbingan Konseling | ||||||
Keywords: | Konseling; terapi menggambar; emosi negatif | ||||||
Divisions: | Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Bimbingan dan Konseling Islam | ||||||
Depositing User: | AKBAR KHOIRUL | ||||||
Date Deposited: | 08 Aug 2017 07:11 | ||||||
Last Modified: | 08 Aug 2017 07:11 | ||||||
URI: | http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/18402 |
Actions (login required)
View Item |