Efektivitas konseling dengan terapi menggambar dalam mengurangi emosi negatif siswa kelas VIII Madrasah Tsanawiyah Al Mukhlishin Ciseeng Bogor

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Akbar, Khoirul (2017) Efektivitas konseling dengan terapi menggambar dalam mengurangi emosi negatif siswa kelas VIII Madrasah Tsanawiyah Al Mukhlishin Ciseeng Bogor. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img]
Preview
Text
Cover.pdf

Download (875kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Abstrak.pdf

Download (298kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Daftar Isi.pdf

Download (511kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 1.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 2.pdf

Download (926kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 3.pdf

Download (1MB) | Preview
[img] Text
Bab 4.pdf

Download (996kB)
[img] Text
Bab 5.pdf

Download (507kB)
[img]
Preview
Text
Daftar Pustaka.pdf

Download (637kB) | Preview

Abstract

Permasalahan yang diteliti dalam penelitian skripsi ini adalah bagaimana efektivitas konseling dengan terapi menggambar dalam mengurangi emosi negatif siswa kelas VIII di Madrasah Tsanawiyah Al-Mukhlishin Ciseeng-Bogor. Untuk menjawab permasalahan tersebut, peneliti menggunakan proses treatment dengan menggunakan tahapan Pendekatan Humanistik. Sementara untuk membuktikan apakah terapi menggambar efektif dalam mengurangi emosi negatif siswa kelas VIII, maka peneliti menggunakan metode penelitian kuantitatif dengan bentuk pretest-posttest control group design yang berfungsi untuk mengungkap hasil dari semua data dan fakta yang telah diperoleh selama penelitian ini berlangsung. Adapun variabel dalam penelitian ini adalah, konseling dengan terapi menggambar (variabel bebas), dan emosi negatif siswa kelas VIII (variabel terikat). Objek penelitian dalam penelitian ini adalah siswa kelas VIII A, B, dan C yang terbagi ke dalam dua kelompok yaitu kelompok eksperimen dan kontrol dengan jumlah total 60 siswa. Sementara metode pengumpulan data yang dipilih oleh peneliti adalah berupa wawancara, angket dan dokumentasi. Untuk menguji apakah konseling dengan terapi menggambar efektif dalam mengurangi emosi negatif siswa kelas VIII, maka peneliti menguji hasil pretest dan posttest dari kelompok eksperimen dan kelompok kontrol menggunakan rumus uji independent sample t-test. Hasil pengujian tes tersebut menunjukan bahwa konseling dengan terapi menggambar belum efektif dalam mengurangi emosi negatif siswa kelas VIII di Madrasah Tsanawiyah Al-Mukhlishin Ciseeng-Bogor.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Akbar, Khoirulakbarkhoirulkabir@gmail.comUNSPECIFIED
Subjects: Bimbingan Konseling
Keywords: Konseling; terapi menggambar; emosi negatif
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Bimbingan dan Konseling Islam
Depositing User: AKBAR KHOIRUL
Date Deposited: 08 Aug 2017 07:11
Last Modified: 08 Aug 2017 07:11
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/18402

Actions (login required)

View Item View Item