This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya
Ni'mah, Himmatun (2012) Pengembangan pembelajaran matematika realistik dengan memperhatikan aras berpikir van hiele pada sub pokok bahasan kesebangunan di MTs Ma' arif Ngaban. Undergraduate thesis, IAIN Sunan Ampel Surabaya.
|
Text
Cover.pdf Download (315kB) | Preview |
|
Text
Abstrak.pdf Download (84kB) |
||
|
Text
Daftar Isi.pdf Download (122kB) | Preview |
|
|
Text
Bab 1.pdf Download (584kB) | Preview |
|
Text
Bab 2.pdf Download (1MB) |
||
Text
Bab 3.pdf Download (904kB) |
||
|
Text
Bab 4.pdf Download (1MB) | Preview |
|
|
Text
Bab 5.pdf Download (319kB) | Preview |
|
|
Text
Bab 6.pdf Download (148kB) | Preview |
|
|
Text
Daftar Pustaka.pdf Download (209kB) | Preview |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan proses pengembangan pembelajaran matematika realistik dengan memperhatikan aras berpikir Van Hiele. mendeskripsikan kevalidan perangkat pembelajaran matematika realistik dengan memperhatikan aras berpikir Van Hiele, mendeskripsikan kepraktisan perangkat pembelajaran matematika realistik dengan memperhatikan aras berpikir Van l-liele dan mendeskripsikan keefektifan perangkat pembelajaran matematika realistik dengan memperhatikan aras berpikir Van Hiele. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan yang dilakukan di MTs Ma'arif Ngaban. Subjek dalam penelitian ini adalah perangkat pembelajaran yaitu RPP, buku siswa dan LKS. Proses pengembangan perangkat pembelajaran dalam penelitian ini menggunakan model Thiagarajan 4-D (define, design, develop dan disseminate) yang dimodifikasi sampai tahap develop. Instrumen penelitian ini adalah lembar validasi perangkat pembelajaran, lembar observasi aktivitas siswa, lembar keterlaksanaan sintaks pembelajaran, lembar angket respon siswa, dan tes hasil belajar. Dari hasil penelitian tersebut diperoleh hasil kevalidan RPP sebesar 3,99, kevalidan buku siswa sebesar 3,88 dan kevalidan LKS sebesar 4,05 yang berarti perangkat tersebut telah valid dan layak digunakan. Perangkat pembelajaran yang dikembangkan telah dinilai praktis oleh para ahli, dengan penilaian "B" untuk masing-masing perangkat. Perangkat pembelajaran hanya memenuhi kriteria keefektifan pada: aktifitas siswa, respon siswa, dan sintaks pembelajaran. Namun. hasil belajar siswa belum memenuhi kriteria keefektifan, karena persentase jumlah siswa yang tuntas hanya 52% yang berarti secara keseluruhan siswa belum mencapai kompetensi yang telah ditentukan.
Statistic
Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) | ||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|
Creators: |
|
||||||
Subjects: | Pendidikan > Matematika Realistik Pendidikan > Pembelajaran Pemikiran |
||||||
Keywords: | Pembelajaran matematika realistik; Van Hiele; kesebangunan | ||||||
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Matematika | ||||||
Depositing User: | Editor : samid library.uinsby.ac.id | ||||||
Date Deposited: | 27 Sep 2017 03:15 | ||||||
Last Modified: | 27 Sep 2017 03:15 | ||||||
URI: | http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/20379 |
Actions (login required)
View Item |