PENGARUH KEGIATAN MENGHAFAL AL-QUR’AN TERHADAP PENGEMBANGAN POTENSI DIRI MAHASISWA DI UKM PENGEMBANGAN TEHFIDHUL QUR’AN UIN SUNAN AMPEL SURABAYA

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Qudsiyah, Ulin Nihayatil (2015) PENGARUH KEGIATAN MENGHAFAL AL-QUR’AN TERHADAP PENGEMBANGAN POTENSI DIRI MAHASISWA DI UKM PENGEMBANGAN TEHFIDHUL QUR’AN UIN SUNAN AMPEL SURABAYA. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img]
Preview
Text
Cover.pdf

Download (18MB) | Preview
[img]
Preview
Text
Abstrak.pdf

Download (121kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Daftar Isi.pdf

Download (128kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 1.pdf

Download (182kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 2.pdf

Download (363kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 3.pdf

Download (219kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 4.pdf

Download (262kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 5.pdf

Download (109kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Daftar Pustaka.pdf

Download (129kB) | Preview

Abstract

Skripsi ini meneliti tentang pengaruh kegiatan menghafal al-Qur’an terhadap pengembangan potensi diri mahasiswa di UKM-Pengembangan Tahfidhul Qur’an UIN Sunan Ampel Surabaya yang selanjutnya disingkat (UPTQ). Penelitian ini dilatarbelakangi karena unsur pengembangan potensi diri dinilai sangat penting dalam proses mencapai kualitas hidup yang utuh. Dengan menjalani kegiatan menghafal al- Qur’an diharapkan mahasiswa yang menjadi anggota di UPTQ bisa mengembangkan potensi yang dimilikinya.
Dalam penelitian ini yang menjadi rumusan masalah adalah bagaimana kegiatan menghafal al-Qur’an di UPTQ, bagaimana pengembangan potensi diri mahasiswa di UPTQ, dan adakah pengaruh kegiatan menghafal al-Qur’an terhadap pengembangan potensi diri.
Adapun tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui dan mendeskripsikan terkait kegiatan menghafal al-Qur’an, kemudian untuk mengetahui bagaimana pengembangan potensi diri mahasiswa di UPTQ, dan yang terakhir adalah apakah ada pengaruh kegiatan menghafal al-Qur’an terhadap pengembangan potensi diri mahasiswa di UPTQ.
Untuk mengetahui rumusan masalah pertama dan kedua tersebut, peneliti menggunakan analisis deskriptif dengan menggunakan rumus prosentase yang kemudian dideskripsikan, sedangkan untuk menjawab rumusan masalah ketiga, penulis menggunakan rumus korelasi product moment.
Setelah peneliti selesai melakukan penelitian, data yang diperoleh peneliti menunjukkan bahwa pelaksanaan kegiatan menghafal al-Qur’an di UPTQ tergolong cukup baik, dengan diperoleh hasil angket sebanyak 63,95. Yang kemudian
diinterpretasikan dalam tabel nilai strandar prosentase dan diketahui bahwa hasilnya 63,95 ini berada diantara 56%-75%. Kemudian pengembangan potensi diri mahasiswa UPTQ ini juga tergolong cukup baik, hal ini dibuktikan dengan hasil
analisa yang menunjukkan bahwa hasil angket sebanyak 73,4. Yang kemudian diinterpretasikan dalam tabel standar prosentase dan diketahui berada diantara 56%- 75%.
Berdasarkan data yang dikemukakan, ini menunjukkan bahwa dalam kegiatan menghafal al-Qur’an dengan pengembangan potensi diri terdapat pengaruh positif yang cukup signifikan, hal ini dibuktikan dengan nilai yaitu 0.421,maka apabila nilai tersebut dikonsultasikan dengan
v tabel interpretasi berada antara 0,40-0,70 yang tergolong dalam kategori cukup baik,sehingga dapat disimpulkan bahwa apabila kegiatan menghafal al-Qur’an lebih ditingkatkan, maka pengembangan potensi dirinya bisa semakin meningkat

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Additional Information: M. Musthofa Huda
Creators:
CreatorsEmailNIM
Qudsiyah, Ulin NihayatilUNSPECIFIEDUNSPECIFIED
Subjects: Pendidikan Islam
Al Qur'an
Keywords: Pengembangan Potensi Diri; Pendidikan Agama Islam
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Editor : Rini Wahyuningsih------ Information------library.uinsby.ac.id
Date Deposited: 17 Sep 2015 08:29
Last Modified: 28 Sep 2015 05:08
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/2279

Actions (login required)

View Item View Item