This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya
Fitriyah, Nur Hida Yatul (2018) Peningkatan keterampilan menulis laporan pada sub tema aku dan cita-citaku dengan metode penemuan terbimbing siswa kelas IV-a MI.TANADA Wadungasri Waru Sidoarjo tahun pelajaran 2017/2018. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.
|
Text
Nur Hida Yatul Fitriyah_D97214092.pdf Download (2MB) | Preview |
Abstract
Latar belakang penelitan ini berdasarkan hasil wawancara dengan guru Tematik, yakni siswa mengalami kesulitan pada materi menulis laporan. Selain itu persentase ketuntasan siswa 45% (kurang). Solusi untuk mengatasi masalah tersebut adalah dengan menerapkan metode penemuan terbimbing. Rumusan masalah dalam penelitian ini diantaranya : 1) Bagaimana penerapan metode penemuan terbimbing pada sub tema aku dan cita-citaku kelas IV-A MI.TANADA Sidoarjo? ; 2) Bagaimana peningkatan keterampilan menulis laporan siswa kelas IV-A MI.TANADA Sidoarjo setelah diterapkan metode penemuan terbimbing pada sub tema aku dan cita-citaku? Jenis penelitian ini menggunakan penelitian tindakan kelas model Kurt Lewin yang dilakukan sebanyak dua siklus. Subjek penelitian ini terdiri dari 40 siswa kelas IV-A. Masing-masing siklus terdiri dari empat tahap yaitu tahap perencanaan, tindakan, observasi dan refleksi. Adapun pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini meliputi , wawancara, observasi, non tes dan dokumentasi. Hasil penelitian dapat dijelaskan sebagai berikut : 1) Penerapan metode penemuan terbimbing sub tema aku dan cita-citaku dapat dilihat dari aktivitas guru dan siswa. Aktivitas guru pada siklus I 73, kemudian meningkat di siklus II menjadi 86,3. Aktivitas siswa pada siklus I 75, kemudian meningkat di siklus II menjadi 85,4. Maka dapat disimpulkan bahwa penerapan metode penemuan terbimbing sub tema aku dan cita-citaku tergolong baik, 2) Peningkatan keterampilan menulis laporan siswa sub tema aku dan cita-citaku setelah menggunakan metode penemuan terbimbing dapat dilihat berdasarkan nilai rata-rata kelas dan persentase ketuntasan belajar siswa. Nilai rata-rata kelas siklus I mencapai 72,2 kemudian meningkat di siklus II menjadi 81,7. Persentase ketuntasan belajar siswa pada siklus I mencapai 72,5 % kemudian meningkat di siklus II menjadi 87,5%. Maka dapat disimpulkan bahwa penerapan metode penemuan terbimbing pada sub tema aku dan cita-citaku dapat meningkatkan keterampilan menulis laporan siswa kelas IV-A MI.TANADA Waru Sidoarjo
Statistic
Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) | ||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|
Creators: |
|
||||||
Subjects: | Keterampilan Menulis Metode Pembelajaran > Metode Pembelajaran |
||||||
Keywords: | Keterampilan; menulis laporan; metode penemuan terbimbing | ||||||
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah | ||||||
Depositing User: | Fitriyah Nur Hida Yatul | ||||||
Date Deposited: | 31 Jul 2018 04:26 | ||||||
Last Modified: | 31 Jul 2018 04:26 | ||||||
URI: | http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/25744 |
Actions (login required)
View Item |