Guru kelas sebagai pelaksana bimbingan dan konseling: studi kasus penanganan siswa “x” slow learner Kelas V A di SDN Gadingwatu Menganti Gresik

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Widiyanto, Randa (2015) Guru kelas sebagai pelaksana bimbingan dan konseling: studi kasus penanganan siswa “x” slow learner Kelas V A di SDN Gadingwatu Menganti Gresik. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Randa Widiyanto_D73211074_2015 ok.pdf

Download (7MB)
[img]
Preview
Text
Cover.pdf

Download (394kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Abstrak.pdf

Download (195kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Daftar Isi.pdf

Download (214kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 1.pdf

Download (471kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 2.pdf

Download (510kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 3.pdf

Download (297kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 4.pdf

Download (598kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 5.pdf

Download (206kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Daftar Pustaka.pdf

Download (420kB) | Preview

Abstract

Guru kelas merupakan salah satu komponen penting dalam rangka mengembangkan potensi peserta didik dalam hal ketakwaan, pengetahuan, sikap, dan keterampilan siswa secara keseluruhan. Dalam Keputusan Bersama Menteri Pendidikan dan Kebudayaan dan Kepala Badan Administrasi dan Kepegawaian Negara Nomor 0433/P/1993 Pasal 4 ditegaskan bahwa khusus standar prestasi kerja guru kelas, sesuai dengan jenjang jabatannya ditambah melaksanakan program bimbingan dan konseling di kelas yang menjadi tanggung jawabnya. Maka penulis dapat memfokuskan penelitian yang akan dikaji dalam penelitian ini, adalah (1) bagaimana kondisi siswa slow learner kelas V-A di SDN Gadingwatu, Menganti-Gresik? (2) bagaimana guru kelas sebagai pelaksana bimbingan dan konseling dalam penanganan siswa slow learner kelas V-A di SDN Gadingwatu, Menganti-Gresik? (3) bagaimana kelebihan dan kekurangan guru kelas sebagai pelaksana bimbingan dan konseling dalam penanganan siswa slow learner kelas V-A di SDN Gadingwatu, Menganti-Gresik? Jenis penelitian ini termasuk penelitian kualitatif. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah teknik observasi, interview, dokumentasi. Selanjutnya, penulis menggunakan analisis deskriptif kualitatif, yang bertujuan untuk menggambarkan atau mendeskripsikan data yang ditemukan di lapangan sedemikian rupa, sehingga menggambarkan masalah yang akan dibahas dalam penelitian ini. Berdasarkan hasil penelitian, dapat disimpulkan bahwa, (1) Kondisi siswa slow learner kelas V-A di SDN Gadingwatu Menganti-Gresik yakni membacanya kurang lancar, tulisanya sangat tidak rapi, dari semua mata pelajaran yang di ajarkan itu tidak ada nilai yang di atas KKM atau lemah semua mata pelajaran, dan saat diberi tugas oleh guru siswa x ini tidak pernah mengerjakan. (2) Guru kelas sebagai pelaksana bimbingan konseling dalam penanganan siswa slow learner kelas V-A di SDN Gadingwatu Menganti-Gresik itu pelaksanaanya cukup baik. (3) Kelebihan dan kekurangan guru kelas sebagai pelaksana bimbingan konseling dalam penanganan siswa siswa slow learner kelas V-A di SDN Gadingwatu yaitu kelebihanya guru kelas mengetahui betul kondisi yang dialami peserta didiknya satu persatu, dan kekuranya yaitu tidak ditemukan administrasi bimbingan konseling.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Widiyanto, RandaUNSPECIFIEDD73211074
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorAhmad, Masyhudimasyhudiahmad7@gmail.com2022065601
Subjects: Bimbingan Konseling
Guru
Keywords: Guru kelas; bimbingan konseling; slow learner
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Manajemen Pendidikan
Depositing User: Mr. Hanafi
Date Deposited: 07 Nov 2015 13:25
Last Modified: 14 Feb 2025 06:42
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/2605

Actions (login required)

View Item View Item