This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya
Widiyanto, Randa (2015) GURU KELAS SEBAGAI PELAKSANA BIMBINGAN DAN KONSELING : STUDI KASUS PENANGANAN SISWA “X” SLOW LEARNER KELAS V-A DI SDN GADINGWATU, MENGANTI-GRESIK. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.
|
Text
Cover.pdf Download (394kB) | Preview |
|
|
Text
Abstrak.pdf Download (195kB) | Preview |
|
|
Text
Daftar Isi.pdf Download (214kB) | Preview |
|
|
Text
Bab 1.pdf Download (471kB) | Preview |
|
|
Text
Bab 2.pdf Download (510kB) | Preview |
|
|
Text
Bab 3.pdf Download (297kB) | Preview |
|
|
Text
Bab 4.pdf Download (598kB) | Preview |
|
|
Text
Bab 5.pdf Download (206kB) | Preview |
|
|
Text
Daftar Pustaka.pdf Download (420kB) | Preview |
Abstract
Guru kelas merupakan salah satu komponen penting dalam rangka mengembangkan potensi peserta didik dalam hal ketakwaan, pengetahuan, sikap, dan keterampilan siswa secara keseluruhan. Dalam Keputusan Bersama Menteri Pendidikan dan Kebudayaan dan Kepala Badan Administrasi dan Kepegawaian Negara Nomor 0433/P/1993 Pasal 4 ditegaskan bahwa khusus standar prestasi kerja guru kelas, sesuai dengan jenjang jabatannya ditambah melaksanakan program bimbingan dan konseling di kelas yang menjadi tanggung jawabnya.
Maka penulis dapat memfokuskan penelitian yang akan dikaji dalam penelitian ini, adalah (1) bagaimana kondisi siswa slow learner kelas V-A di SDN Gadingwatu, Menganti-Gresik? (2) bagaimana guru kelas sebagai pelaksana bimbingan dan konseling dalam penanganan siswa slow learner kelas V-A di SDN Gadingwatu, Menganti-Gresik? (3) bagaimana kelebihan dan kekurangan guru kelas sebagai pelaksana bimbingan dan konseling dalam penanganan siswa slow learner kelas V-A di SDN Gadingwatu, Menganti-Gresik?
Jenis penelitian ini termasuk penelitian kualitatif. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah teknik observasi, interview, dokumentasi. Selanjutnya, penulis menggunakan analisis deskriptif kualitatif, yang bertujuan untuk menggambarkan atau mendeskripsikan data yang ditemukan di lapangan sedemikian rupa, sehingga menggambarkan masalah yang akan dibahas dalam penelitian ini.
Berdasarkan hasil penelitian, dapat disimpulkan bahwa, (1) Kondisi siswa slow learner kelas V-A di SDN Gadingwatu Menganti-Gresik yakni membacanya kurang lancar, tulisanya sangat tidak rapi, dari semua mata pelajaran yang di ajarkan itu tidak ada nilai yang di atas KKM atau lemah semua mata pelajaran, dan saat diberi tugas oleh guru siswa x ini tidak pernah mengerjakan. (2) Guru kelas sebagai pelaksana bimbingan konseling dalam penanganan siswa slow learner kelas V-A di SDN Gadingwatu Menganti-Gresik itu pelaksanaanya cukup baik. (3) Kelebihan dan kekurangan guru kelas sebagai pelaksana bimbingan konseling dalam penanganan siswa siswa slow learner kelas V-A di SDN Gadingwatu yaitu kelebihanya guru kelas mengetahui betul kondisi yang dialami peserta didiknya satu persatu, dan kekuranya yaitu tidak ditemukan administrasi bimbingan konseling.
Statistic
Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) | ||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|
Additional Information: | Masyhudi Ahmad | ||||||
Creators: |
|
||||||
Subjects: | Bimbingan Konseling Guru |
||||||
Keywords: | Guru Kelas; Bimbingan Konseling; Slow learner | ||||||
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Manajemen Pendidikan | ||||||
Depositing User: | Mr. Hanafi | ||||||
Date Deposited: | 07 Nov 2015 13:25 | ||||||
Last Modified: | 07 Nov 2015 13:25 | ||||||
URI: | http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/2605 |
Actions (login required)
View Item |