Peningkatan keterampilan menulis pada mata pelajaran bahasa indonesia menggunakan media gambar di kelas III minu ngingas waru sidoarjo.

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

rahmawati, isnaini ayu (2018) Peningkatan keterampilan menulis pada mata pelajaran bahasa indonesia menggunakan media gambar di kelas III minu ngingas waru sidoarjo. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Isnaini Ayu Rahmawati - D77214035.pdf

Download (8MB)

Abstract

Keterampilan menulis karangan yang masih rendah berdasarkan wawancara dan dokumen dari Ibu Mujianti guru Bahasa Indonesia dapat diketahui dengan nilai rata-rata ulangan harian Bahasa Indonesia 62,6, persentase ketercapaiannya 31,5% dari standar ketuntasan yang telah ditetapkan yaitu 75, hal tersebut menjadi latar belakang penelitan ini. Penyampaian materi dari guru yang monoton hanya menggunakan metode ceramah tanpa mengunakan variasi metode pembelajaran lain sehingga peserta didik merasa bosan, selain itu guru hanya memberikan tugas menulis puisi tanpa adanya pemberian rangsangan. Materi karangan dengan menggunakan media gambar diterapkan dengan tujuan untuk memudahkan peserta didik ketika belajar menulis karangan.Tujuan dari penelitihan ini adalah: 1)Mengetahui penerapan media gambar dalam meningkatkan keterampilan menulis karangan menggunakan media gambar pada siswa kelas III MINU Ngingas Waru Sidoarjo. 2)Mengetahui peningkatan keterampilan menulis karangan menggunakan media gambar pada siswa kelas III MINU Ngingas Waru Sidoarjo.Penelitian ini menggunakan model Kurt Lewin terdiri dari dua siklus setiap siklusnya terdapat empat tahapan perencanaan (Planning), pelaksanaan (acting), pengamatan atau observasi (observing), dan refleksi (reflecting). Subjek peneliti adalah peserta didik kelas III MINU Ngingas Waru Sidoarjo yang terdiri dari 38 siswa. Tindakan yang dilakukan ialah menulis karangan menggunakan media gambar. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara, dokumentasi, dan test (product assessment).Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) Penerapan media gambar dapat meningkatkan aktifitas guru pada siklus I yaitu 78,57 menjadi 85,71 dengan kriteria baik. Aktifitas siswa meningkat I yaitu 66 menjadi 83,3 dengan kriteria baik. Peningkatan keterampilan menulis Bahasa Indonesia dengan nilai rata-rata pada siklus I 68,5 menjadi 76,1. Dan persentase siswa pada siklus I 50% menjadi 81% bisa dikatakan baik atau cukup memuaskan dengan dilakukannya siklus II.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
rahmawati, isnaini ayuisnainiayu47@Gmail.cimUNSPECIFIED
Subjects: Bahasa Indonesia
Keterampilan
Menulis
Pendidikan
Pendidikan > Pendidikan Dasar
Keywords: Keterampilan Menulis : Media Gambar.
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Rahmawati Isnaini Ayu
Date Deposited: 09 Aug 2018 03:32
Last Modified: 09 Aug 2018 03:32
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/26770

Actions (login required)

View Item View Item