This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya
Widyaningrum, Nur Aini (2019) Pengembangan Mobile Game "Slime Mathematics" menggunakan G-Develop Software sebagai media latihan soal UN SMA dengan memperhatikan 3 Level Kognitif Soal. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.
Text
Nur Aini Widyaningrum_D74214039.pdf Download (3MB) |
Abstract
Salah satu alternatif untuk mengatasi malasnya siswa dalam berlatih soal adalah menyajikan latihan soal tersebut dalam kemasan yang lebih menarik dan interaktif. Dalam penelitian ini dikembangkan sebuah game yang diberi nama “Slime Mathematics” sebagai media latihan soal persiapan UN berbasis Android. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui (1) kevalidan hasil pengembangan Slime Mathematics; (2) kepraktisan hasil pengembangan Slime Mathematics; dan (3) keefektifan penerapan hasil pengembangan Slime Mathematics. Game “Slime Mathematics” dikembangkan mengacu model pengembangan multimedia Luther-Sutopo yang terdiri dari 6 tahap, yaitu concept, design (mengembangkan flowchart), materiall collecting, asembly, testing, dan distribution. Game di uji cobakan pada 33 siswa kelas XII SMA Negeri 1 Manyar Gresik. Data yang diperoleh dalam penelitian ini dikumpulkan menggunakan instrumen lembar validasi, angket respon siswa, dan mobile tes. Teknik analisis yang digunakan adalah teknik analisis statistik deskriptif. Hasil analisis data menunjukkan bahwa kevalidan Game “Slime Mathematics” memenuhi kategori “sangat valid” dengan rata-rata 4,05 dari ahli media, serta 4,9 dari ahli pengguna. Selain itu, Game “Slime Mathematics” memenuhi kategori “praktis” dapat digunakan serta mendapat respon positif siswa sebesar 87,89%. Game “Slime Mathematics” juga memenuhi kategori “efektif” dengan persentase ketuntasan hasil belajar siswa sebesar 80,73%.
Statistic
Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) | ||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|
Creators: |
|
||||||
Subjects: | Matematika Pendidikan > Media |
||||||
Keywords: | Media pembelajaran; Game “Slime Mathematics”; 3 Level Kognitif Soal | ||||||
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Matematika | ||||||
Depositing User: | Widyaningrum Nur Aini | ||||||
Date Deposited: | 15 Feb 2019 06:49 | ||||||
Last Modified: | 15 Feb 2019 06:49 | ||||||
URI: | http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/30342 |
Actions (login required)
View Item |