STUDENTS’ WORD STRESS PERFORMANCE AT SPEAKING CLASS OF ENGLISH TEACHER EDUCATION DEPARTMENT OF UIN SUNAN AMPEL SURABAYA : AN ACOUSTIC PHONETICS ANALYSIS

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Fajarwati, Ika (2015) STUDENTS’ WORD STRESS PERFORMANCE AT SPEAKING CLASS OF ENGLISH TEACHER EDUCATION DEPARTMENT OF UIN SUNAN AMPEL SURABAYA : AN ACOUSTIC PHONETICS ANALYSIS. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img]
Preview
Text
Cover.pdf

Download (612kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Abstrak.pdf

Download (323kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Daftar Isi.pdf

Download (196kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 1.pdf

Download (312kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 2.pdf

Download (498kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 3.pdf

Download (756kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 4.pdf

Download (2MB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 5.pdf

Download (262kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Daftar Pustaka.pdf

Download (217kB) | Preview

Abstract

Tujuan utama penelitian adalah untuk mendeskripsikan kemampuan mahasiswa dalam menuturkan tekanan kata (word stress) dan untuk menentukan kecenderungan mahasiswa dalam melafalkan tekanan kata dalam Bahsa Inggris yang dilakukan oleh mahasiswa Prodi Pendidikan Bahasa Inggris UIN Sunan Ampel Surabaya. Beberapa permasalahan terjadi dalam menguasai tekanan kata dalam bahasa inggris (word stress) dan keloyalitsan penggunaan Bahasa Pertama. Peneliti memilih topic ini karena ia menemukan bahwa mahasiswa Indonesia mempunyai berbagai macam cara dalam melafalkan word stress. Padahal, ketika kita salah menempatkan word stress dapat mengubah jenis kata dan pasti juga akan mempengaruhi arti dari kata tersebut.
Dalam penelitian ini, peneliti menggunakan metode descriptive qualitative dan untuk mempermudah pengumpulan data, peneliti menggunakan observasi dan recording sebagai teknik pengumpulan data. Observasi digunakan untuk mengobservasi proses pembelajaran dan mendapatkan informasi dari praktek lisan speaking mahasiswa. Recoding digunakan untuk merekam pelafalan word stress mahasiswa ketika praktek di kelas. Kemudian setelah data terkumpul, seluruh data dari recording akan dianalisa menggnakan software PRAAT.
Dari hasil analisis recording, peneliti mendapatkan dua kesimpulan ketika mahasiswa melafalkan word stress. dua kesimpulan tersebut terkait dengan penempatan word stress dalam Bahasa Inggris. Hasil dari analisa menunjukkan bahwa hampir diseluruh jenis kata mahasiswa melafalkan word stress dengan salah ketika dalam kata tersebut mengandung suku kata dengan vocal pendek /ɪ/ dan /ə/. Hal tersebut disebabkan karena dalam bahasa pertama mereka Jawa dan Madura tidak ada vocal panjang sehingga mereka cenderung melakukan kesalahan ketika dalam kata tersebut terdapat vocal pendek. Disamping itu, dalam phoneme bahasa Jawa dan Madura vowel /ɪ/ menunjukkan tekanan tinggi dan vowel /ə/ menunjukkan tekanan rendah. Sehingga, mereka selalu melafalkan word stress ketika suatu kata terdapat vowel /ɪ/ dan /ə/. Selain itu, hasil analisa juga menunjukkan bahwa mahasiswa cenderung melafalkan word tress dengan benar pada kata kerja (verb) yang mempunyai dua suku kata dan cenderung melakukan kesalahan hampir pada semua jenis kata terutama yang mengandung lebih dari dua suku kata (polysyllabic words) karena opsi letak word stress lebih banyak

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Additional Information: Hilda Izzati Madjid, Hikmatul Masykuriyah
Creators:
CreatorsEmailNIM
Fajarwati, IkaUNSPECIFIEDUNSPECIFIED
Subjects: Pendidikan
Pendidikan > Bahasa Inggris
Pendidikan > Komunikasi
Keywords: Word Stress; Penekanan Kata; Bahasa; Komunikasi
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Bahasa Inggris
Depositing User: Editor : Abdun Nashir------ Information------library.uinsby.ac.id
Date Deposited: 15 Jan 2016 08:24
Last Modified: 15 Jan 2016 08:24
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/3400

Actions (login required)

View Item View Item