UPAYA MENINGKATKAN KEMAMPUAN MEMBACA AL-QUR’AN MELALUI MEDIA KARTU HURUF HIJAIYAH

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Baqiyah, Baqiyah (2015) UPAYA MENINGKATKAN KEMAMPUAN MEMBACA AL-QUR’AN MELALUI MEDIA KARTU HURUF HIJAIYAH. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img]
Preview
Text
Abstrak.pdf

Download (128kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Daftar Isi.pdf

Download (143kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 1.pdf

Download (177kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 2.pdf

Download (173kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 3.pdf

Download (167kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 4.pdf

Download (266kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 5.pdf

Download (160kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Daftar Pustaka.pdf

Download (154kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Cover.pdf

Download (16MB) | Preview

Abstract

Penelitian tindakan kelas ini karena kemampuan belajar al-Qur’an pada siswa masih belum dikuasai. Penelitian ini diharapkan dapat memberikan kontribusi terhadap pengelola pendidikan, agar proses belajar mengajar lebih menarik sehingga siswa menyenangi pembelajaran al-Qur’an, dan dapat meningkatakan minat serta motivasi siswa terhadap belajar membaca al-Qur’an sehingga meningkatkan hasil prestasi belajar siswa dalam membaca al-Qur’an.
Penelitian ini menggunakan metode penelitian tindakan kelas melalui tahapan atau siklus, penelitian ini berlangsung dalam dua siklus. Prosedur pelaksanaan tindakan meliputi beberapa tahapan.Tahapan pertama melakukan pendahuluan identifikasi masalah.Tahapan kedua peningkatan penggunaan media kartu huruf hijaiyah.Tahapan ketiga pelaksanaan penggunaan media kartu huruf hijaiyah dan dilanjutkan dengan refleksi agar dapat menyusun rencana selanjutnya.Tahap keempat mengadakan tindak lanjut melalui penyusunan laporan.
Setelah melakukan penelitian ini ada beberapa temuan dalam peningkatan kemampuan membaca al-Qur’an dengan menggunakan media kartu huruf hijaiyah diantaranya: pertama meningkatkan kemampuan membaca al-Qur’an siswa , yang kedua meningkatakan minat siswa dalam belajar membaca al-Qur’an, ketiga partisipasi siswa dalam belajar al-Qur’an menjadi efektif dan kondusif.
Berdasarkan penelitian ini bahwa penggunaan media kartu huruf hijaiyah dalam belajar membaca al-Qur’an perlu dikembangkan dan ditingkatkan di Madrasah Ibtdaiyah supaya dapat meningkatkan minat siswa dalam belajar membaca al-Qur’an. Dengan demikian prestasi hasil belajar siswa dalam membaca al-Qur’an akan lebih baik

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Additional Information: Ali Modlofir
Creators:
CreatorsEmailNIM
Baqiyah, BaqiyahUNSPECIFIEDUNSPECIFIED
Subjects: Cerita dalam Al Qur'an
Metode Pembelajaran
Keywords: Membaca Al-Qur’an; Media Kartu
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Mr Sulaiman Sulaiman
Date Deposited: 18 Jan 2016 01:43
Last Modified: 18 Jan 2016 01:43
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/3417

Actions (login required)

View Item View Item