This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya
Chanifah, Siti (2015) PENINGKATAN HASIL BELAJAR OPERASI HITUNG PERKALIAN MELALUI METODE PEMBELAJARAN KONTEKSTUAL BERBASIS MASALAH PADA SISWA KELAS 2 (DUA) MI DARUL ULUM PRAMBON SIDOARJO. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.
|
Text
Cover.pdf Download (11MB) | Preview |
|
|
Text
Abstrak.pdf Download (148kB) | Preview |
|
|
Text
Daftar Isi.pdf Download (239kB) | Preview |
|
|
Text
Bab 1.pdf Download (159kB) | Preview |
|
|
Text
Bab 2.pdf Download (375kB) | Preview |
|
|
Text
Bab 3.pdf Download (269kB) | Preview |
|
|
Text
Bab 4.pdf Download (650kB) | Preview |
|
|
Text
Bab 5.pdf Download (147kB) | Preview |
|
|
Text
Daftar Pustaka.pdf Download (137kB) | Preview |
Abstract
Penelitian yang dilakukan pada siswa kelas 2 (dua) MI Darul Ulum Prambon Kabupaten Sidoarjo dengan jumlah siswa sebanyak 25 (duapuluh lima) ini dilatarbelakangi oleh tingkat penguasaan materi menghitung perkalian siswa yang kurang memenuhi target Kriteria Ketuntasan Minimum dengan nilai 65. Tujuan dari penelitian tindakan kelas ini adalah untuk (1) Untuk meningkatkan kemampuan menghitung perkalian dan pembagian melalui pendekatan kontekstual pada siswa kelas 2 (dua) MI Darul Ulum Prambon; (2) Untuk memaparkan cara penerapan Pendekatan Kontekstual dalam meningkatkan kemampuan menghitung perkalian dan pembagian pada siswa kelas kelas 2 (dua) MI Darul Ulum Prambon. Bentuk penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas yang terdiri dari dua siklus. Tiap siklus terdiri dari empat tahapan yaitu perencanaan, pelaksanaan, observasi dan refleksi. Sebagai subjek penelitian adalah siswa kelas kelas 2 (dua) MI Darul Ulum Prambon. Teknik pengumpulan data menggunakan pada penelitian ini adalah observasi, dokumentasi dan tes. Teknik analisis data menggunakan tehnik analisis model interaktif yang terdiri dari tiga komponen analisis yaitu reduksi data, sajian data, dan penarikan simpulan atau verifikasi. Penelitian ini diperoleh hasil sebagai berikut: 1) Penerapan pembelajaran kontekstual dalam rangka meningkatkan hasil belajar operasi hitung perkalian siswa kelas dua MI Darul Ulum Prambon telah berlangsung dengan dua siklus. Yang mana dari kedua siklus ini yang lebih bagus penerapannya terletak di siklus II dikarenakan guru lebih dapat memotivasi siswa sehingga siswa dapat memahami materi pelajaran dengan baik, 2) Peningkatan hasil belajar operasi hitung perkalian melalui pembelajaran kontekstual berbasis masalah pada siswa kelas 2 (dua) MI Darul Ulum Prambon termasuk kategori tinggi. Hal ini dibuktikan dengan perolehan hasil nilai yang lebih tinggi pada siklus II daripada perolehan nilai di siklus I pada hasil tes pada masing-masing siklus, yaitu perolehan nilai terendah 60 pada siklus I dan 70 pada siklus II, nilai rata-rata 73,88 pada siklus I dan 84,20 pada siklus II, serta ketuntasan belajar siswa 80% pada siklus I dan 100% pada siklus II
Statistic
Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) | ||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|
Additional Information: | Irfan Tamwifi | ||||||
Creators: |
|
||||||
Subjects: | Metode Pembelajaran Matematika |
||||||
Keywords: | Hasil Belajar; Perkalian; Pembelajaran | ||||||
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah | ||||||
Depositing User: | Users 283 not found. | ||||||
Date Deposited: | 19 Jan 2016 05:58 | ||||||
Last Modified: | 29 Jun 2016 04:06 | ||||||
URI: | http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/3579 |
Actions (login required)
View Item |