This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya
Jainun, Jainun (2015) PENINGKATAN AKTIVITAS BELAJAR SISWA PADA MATERI FAKTORISASI BILANGAN MELALUI STRATEGI MAKE A MATCH DI KELAS IV MADRASAH IBTIDAIYAH THORIQUL ULUM NGRAME PUNGGING MOJOKERTO. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.
|
Text
Cover.pdf Download (171kB) | Preview |
|
|
Text
Abstrak.pdf Download (148kB) | Preview |
|
|
Text
Daftar Isi.pdf Download (121kB) | Preview |
|
|
Text
Bab 1.pdf Download (148kB) | Preview |
|
|
Text
Bab 2.pdf Download (210kB) | Preview |
|
|
Text
Bab 3.pdf Download (187kB) | Preview |
|
|
Text
Bab 4.pdf Download (178kB) | Preview |
|
|
Text
Bab 5.pdf Download (133kB) | Preview |
|
|
Text
Daftar Pustaka.pdf Download (124kB) | Preview |
Abstract
Rendahnya aktivitas belajar siswa terhadap materi faktorisasi bilangan di Madrasah Ibtidaiyah Thoriqul Ulum Ngrame Pungging Mojokerto memicu peneliti untuk melakukan Penelitian Tindakan Kelas agar bisa meningkatkan aktivitas belajar siswa. Salah satu cara yang dapat meningkatkan aktivitas belajar siswa tersebut dengan menggunakan strategi Pembelajaran Make A Match, karena strategi pembelajaran Make A Match melibatkan siswa dalam aktivitas penting yang membantu mereka mengaitkan pelajaran akademis dengan konteks kehidupan sehari-hari. Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan aktivitas belajar siswa melalui strategi Make A Match pada materi faktorisasi bilangan di kelas IV Madrasah Ibtidaiyah Thoriqul Ulum Ngrame Pungging Mojokerto.
Penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (Classroom Action Research) yang terdiri dari perangkat-perangkat atau uraian dengan setiap perangkat terdiri dari empat komponen yaitu perencanaan, tindakan, pengamatan dan refleksi. Model PTK yang digunakan adalah model Kemmis dan Mc Taggart. Subyek dalam penelitian ini adalah siswa kelas IV Madrasah Ibtidaiyah Thoriqul Ulum Ngrame Pungging Mojokerto yang berjumlah 16 siswa, yang terdiri dari 9 siswa laki-laki dan 7 siswa perempuan.
Tujuan dari penelitian ini adalah (1) untuk mendiskripsikan apakah ada peningkatan aktivitas belajar siswa dengan menggunakan strategi Make A Match pada materi faktorisasi bilangan. (2) Untuk mengetahui bagaimana respon siswa terhadap penggunaan strategi pembelajaran Make A Match pada materi faktorisasi bilangan.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa strategi pembelajaran Make A Match pada materi faktorisasi bilangan dapat meningkatkan aktivitas belajar siswa kelas IV Madrasah Ibtidaiyah Thoriqul Ulum Ngrame Pungging Mojokerto. Peningkatan rata-rata aktivitas siswa siklus I ke siklus II menunjukkan peningkatan yakni 7% menjadi 9%. Dari data angket respon siswa dapat dikatakan positif karena respon siswa terhadap strategi pembelajaran Make A Match semakin meningkat.
Statistic
Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) | ||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|
Additional Information: | Yuni Arifadah | ||||||
Creators: |
|
||||||
Subjects: | Matematika Pendidikan > Strategi Belajar Mengajar |
||||||
Keywords: | Make A Match; Bilangan | ||||||
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Matematika | ||||||
Depositing User: | Editor : Yuhyil Ayda------ Information------library.uinsby.ac.id | ||||||
Date Deposited: | 21 Jan 2016 01:30 | ||||||
Last Modified: | 21 Jan 2016 01:30 | ||||||
URI: | http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/3723 |
Actions (login required)
View Item |