PENINGKATAN AKTIVITAS BELAJAR SISWA PADA MATERI FAKTORISASI BILANGAN MELALUI STRATEGI MAKE A MATCH DI KELAS IV MADRASAH IBTIDAIYAH THORIQUL ULUM NGRAME PUNGGING MOJOKERTO

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Jainun, Jainun (2015) PENINGKATAN AKTIVITAS BELAJAR SISWA PADA MATERI FAKTORISASI BILANGAN MELALUI STRATEGI MAKE A MATCH DI KELAS IV MADRASAH IBTIDAIYAH THORIQUL ULUM NGRAME PUNGGING MOJOKERTO. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img]
Preview
Text
Cover.pdf

Download (171kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Abstrak.pdf

Download (148kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Daftar Isi.pdf

Download (121kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 1.pdf

Download (148kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 2.pdf

Download (210kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 3.pdf

Download (187kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 4.pdf

Download (178kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 5.pdf

Download (133kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Daftar Pustaka.pdf

Download (124kB) | Preview

Abstract

Rendahnya aktivitas belajar siswa terhadap materi faktorisasi bilangan di Madrasah Ibtidaiyah Thoriqul Ulum Ngrame Pungging Mojokerto memicu peneliti untuk melakukan Penelitian Tindakan Kelas agar bisa meningkatkan aktivitas belajar siswa. Salah satu cara yang dapat meningkatkan aktivitas belajar siswa tersebut dengan menggunakan strategi Pembelajaran Make A Match, karena strategi pembelajaran Make A Match melibatkan siswa dalam aktivitas penting yang membantu mereka mengaitkan pelajaran akademis dengan konteks kehidupan sehari-hari. Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan aktivitas belajar siswa melalui strategi Make A Match pada materi faktorisasi bilangan di kelas IV Madrasah Ibtidaiyah Thoriqul Ulum Ngrame Pungging Mojokerto.
Penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (Classroom Action Research) yang terdiri dari perangkat-perangkat atau uraian dengan setiap perangkat terdiri dari empat komponen yaitu perencanaan, tindakan, pengamatan dan refleksi. Model PTK yang digunakan adalah model Kemmis dan Mc Taggart. Subyek dalam penelitian ini adalah siswa kelas IV Madrasah Ibtidaiyah Thoriqul Ulum Ngrame Pungging Mojokerto yang berjumlah 16 siswa, yang terdiri dari 9 siswa laki-laki dan 7 siswa perempuan.
Tujuan dari penelitian ini adalah (1) untuk mendiskripsikan apakah ada peningkatan aktivitas belajar siswa dengan menggunakan strategi Make A Match pada materi faktorisasi bilangan. (2) Untuk mengetahui bagaimana respon siswa terhadap penggunaan strategi pembelajaran Make A Match pada materi faktorisasi bilangan.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa strategi pembelajaran Make A Match pada materi faktorisasi bilangan dapat meningkatkan aktivitas belajar siswa kelas IV Madrasah Ibtidaiyah Thoriqul Ulum Ngrame Pungging Mojokerto. Peningkatan rata-rata aktivitas siswa siklus I ke siklus II menunjukkan peningkatan yakni 7% menjadi 9%. Dari data angket respon siswa dapat dikatakan positif karena respon siswa terhadap strategi pembelajaran Make A Match semakin meningkat.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Additional Information: Yuni Arifadah
Creators:
CreatorsEmailNIM
Jainun, JainunUNSPECIFIEDUNSPECIFIED
Subjects: Matematika
Pendidikan > Strategi Belajar Mengajar
Keywords: Make A Match; Bilangan
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Matematika
Depositing User: Editor : Yuhyil Ayda------ Information------library.uinsby.ac.id
Date Deposited: 21 Jan 2016 01:30
Last Modified: 21 Jan 2016 01:30
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/3723

Actions (login required)

View Item View Item