This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya
Jamila, Nur (2014) PENINGKATAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA MELALUI METODE PROBLEM SOLVING PADA SISWA KELAS V DI MI DARUSSALAM BUBUTAN SURABAYA. Undergraduate thesis, Uin Sunan Ampel Surabaya.
|
Text
Cover.pdf Download (82kB) | Preview |
|
|
Text
Abstrak.pdf Download (198kB) | Preview |
|
|
Text
Daftar Isi.pdf Download (128kB) | Preview |
|
|
Text
Bab 1.pdf Download (317kB) | Preview |
|
|
Text
Bab 2.pdf Download (466kB) | Preview |
|
|
Text
Bab 3.pdf Download (376kB) | Preview |
|
|
Text
Bab 4.pdf Download (375kB) | Preview |
|
|
Text
Bab 5.pdf Download (234kB) | Preview |
|
|
Text
Daftar Pustaka.pdf Download (190kB) | Preview |
Abstract
Pembelajaran matematika materi soal cerita KPK dan FPB yang dilaksanakan di MI Darussalam Bubutan Surabaya pada siswa kelas V masih ada sebagian besar siswa kurang memperhatikan penjelasan guru. Sehingga mengakibatkan rendahnya pemahaman siswa dan mempengaruhi hasil belajarnya. Berdasarkan hal tersebut, maka peneliti melaksanakan penelitian tindakan kelas dengan menerapkan metode problem solving pada materi soal cerita KPK dan FPB di kelas V MI Darussalam Bubutan Surabaya.
Permasalahan yang dikaji pada penelitian ini adalah : (1) Bagaimana aktivitas pembelajaran dengan menerapkan metode problem solving pada bidang studi matematika tentang materi soal cerita KPK dan FPB di kelas V MI Darussalam Bubutan Surabaya? (2) Bagaimana peningkatan hasil belajar matematika tentang materi soal cerita KPK dan FPB dengan menerapkan metode problem solving pada siswa kelas V MI Darussalam Bubutan Surabaya?
Untuk memperoleh hasil penelitian tersebut, peneliti melakukan penelitian tindakan kelas dengan pendekatan kualitatif. Model PTK yang digunakan yaitu Kurt Lewin. Dimana dalam satu siklus terdiri dari 4 komponen, meliputi : perencanaan, tindakan, observasi dan refleksi. Adapun teknik pengumpulan data yang digunakan adalah wawancara, observasi, tes dan dokumentasi.
Hasil penelitian ini : (1) aktivitas pembelajaran dengan menerapkan metode problem solving dapat dilakukan dengan cara membagi siswa menjadi 4 kelompok yang terdiri dari 6 siswa. Setiap masing-masing kelompok harus bekerjasama untuk memecahkan masalah pada materi soal cerita KPK dan FPB dengan membaca buku, tanya jawab dan diskusi. Kemudian perwakilan dari setiap kelompok menyampaikan jawabannya dan menuliskan di papan tulis. Selain itu siswa diberi tugas individu agar mereka dapat memahami materi yang disampaikan. (2) Penerapan metode problem solving dapat meningkatkan hasil belajar matematika siswa. Hal ini dapat dilihat dari pra siklus dengan persentase 33,33% menjadi meningkat pada siklus I dengan persentase 62,5% dan meningkat lagi menjadi 91,66% pada siklus II
Statistic
Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) | ||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|
Creators: |
|
||||||
Subjects: | Pendidikan > Matematika Realistik Pendidikan > Pembelajaran |
||||||
Keywords: | Hasil Belajar; Matematika; Metode Problem Solving | ||||||
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah | ||||||
Depositing User: | Users 18 not found. | ||||||
Date Deposited: | 22 Jan 2016 03:33 | ||||||
Last Modified: | 22 Jan 2016 03:33 | ||||||
URI: | http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/3846 |
Actions (login required)
View Item |