Akreditasi Sekolah: formalitas atau realias?

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Anshori, Isa (2007) Akreditasi Sekolah: formalitas atau realias? Khazanah (13). p. 9. ISSN 0853-4535

[img] Text
Isa Anshori_Khazanah Akreditasi Sekolah Formalitas atau Realitas.pdf

Download (1MB)

Abstract

Formalitas atau Realitas? Ini merupakan dua pertanyaan yang sering muncul dari siapa saja yang terlibat dalam proses akreditasi. Bagi yang mengganggap akreditasi sekolah/madrasah formalitas, mereka cenderung tidak melakukan dengan sungguh-sungguh, tidak menyiapkan secara matang. Namun bagi yang menyadari sebagai realitas, mereka melakukan dengan sungguh-sungguh, secara matang. Akreditasi sekolah/madrasah sebenarnya merupakan proses penilaian secara komprehensif terhadap kelayakan dan kinerja satuan dan/atau program pendidikan, dilakukan sebagai akuntabilitas publik. Alat regulasi diri (self regulation), agar mengenal kekuatan dan kelemaahan, sehingga bisa melakukan perbaikan-berbaikan secara kontinyu. Dengan kata lain, akreditasi sekolah/madrasah memiliki tiga fungsi, yakni sebagi pengetahuan, akuntabilitas, pembinaan dan pengembangan.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Article
Creators:
CreatorsEmailNIM
Anshori, Isaisaanshori67@gmail.com2006056701
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
UNSPECIFIED., .UNSPECIFIEDUNSPECIFIED
Subjects: Manajemen Pendidikan
Keywords: Akreditasi sekolah
Divisions: Karya Ilmiah > Artikel Mass Media
Depositing User: Dr., M.Si. Isa Anshori
Date Deposited: 11 Apr 2020 16:52
Last Modified: 11 Apr 2020 16:52
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/39658

Actions (login required)

View Item View Item